Dinas PMPTSP Tanjungpinang Lakukan Bimbingan dan Penyuluhan LKPM Online Bagi Pelaku Usaha
25 Juni 2019
TANJUNGPINANG - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Tanjungpinang melakukan bimbingan dan penyuluhan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) kepada 150 pelaku usaha yang ada di Tanjungpinang.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, 13-14 Juni  di Hotel Comforta Tanjungpinang ini dihadiri Walikota Tanjungpinang Syahrul yang juga berkesempatan membuka kegiatan, sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemko Tanjungpinang, serta nara sumber diantaranya berasal dari Direktorat Pelayanan Perizinan Berusaha Badan Koordinasi Penanaman Modal RI.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PMPTSP Kota Tanjungpinang, Drs Muhammad Ikhsan M.Si menjelaskan, pelaksanaan kegiatan bertujuan untuk terlaksananya bimbingan dan sosialisasi kebijakan di bidang penyelenggaraan pelayanan perizinan dan pengendalian pelaksanaan penanaman modal.

Kegiatan juga dimasksudkan tersedianya tata perkembangan realisasi penanaman modal dan informasi permasalahan yang dihadapi oleh penanaman modal, terlaksananya fasilitas penyelesaian permasalahan dalam pelaksanaan penanaman modal melalui koordinasi yang terintegrasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta perusahaan penanaman modal, serta terwujudnya kepastian hukum terhadap pelaksanaan penanaman modal yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku .

Muhamad Ikhsan menjelaskan, kegiatan penyuluhan LKPM online ini diikuti oleh 150 pelaku usaha yang terdiri dari 11 usaha di sektor pekerjaan umum, 36 usaha di sektor perdagangan, 44 usaha sektor pariwisata, 2 sektor energi dan sumber daya mineral, 16 usaha sektor perindustrian, 13 usaha sektor perhubungan, 26 usaha sektor jasa, serta 2 organisasi usaha dan asosiasi properti.

Dalam sambutannya, Walikota Tanjungpinang Syahrul berharap seluruh peserta dapat langsung mempraktikkan tata cara penyampaian LKPM online sebagaimana kewajibannya, dan secara bertahap terus disosialisasikan kepada pelaku usaha lainnya. Baik menyangkut pelayanan perizinan terpadu secara elektronik, maupun laporan kegiatan usahanya secara online.

Dalam kesempatan tersebut, Syahrul menjelaskan bahwa penyampaian layanan LKPM secara daring (online) ini telah dibuka sejak Desember 2017. 

"Untuk Kota Tanjungpinang, Alhamdulillah pada tahun 2019 ini berkesempatan mendapatkan bimbingan dan penyuluhnan langsung dari narasumber yang berkompeten dibidangnya," ungkapnya.

Syahrul menyatakan kondisi investasi dan penanaman modal yang telah berlangsung di Kota Tanjungpinang dalam 2 tahun terakhir berjalan dengan sangat baik.

"Sejalan dengan perkembangan nilai investasi yang ada, maka Pemerintah Kota Tanjungpinang sesuai dengan misi yang telah ditetapkan untuk periode 2018-2023 yaitu melanjutkan pembangunan yang adil dan merata serta menciptakan iklim investasi dan usaha yang kondusif yang berwawasan lingkungan, tentu juga telah merumuskan pola sasaran dan indikator utama bagi mendorong pertumbuhan dan peningkatan investasi," lanjut Syahrul.(*)

Narasi : Andri Mediansyah
Foto : IST/Dinas PMPTSP Kota Tanjungpinang
Kepala OPD di lingkup Pemko Tanjungpinang dan undangan yang hadir pada pembukaan kegiatan.
Walikota Syahrul, Kasubdit Pelayanan Berbantuan Perizinan Berusaha Direktorat Pelayanan Perizinan Berusaha BKPM RI Erliana Novy Siregar, dan Plt Kadis PMPTSP Muhamad Iksan (kanan).
Walikota Tanjungpinang Syahrul memberikan kata sambutan pada pembukaan kegiatan.
Plt Kadis PMPTSP Tanjungpinang, Drs Muhamad Ikhsan Msi memberikan pengarahan kepada peserta bimbingan dan penyuluhan LKM Online.
Peserta mimbingan dan penyuluhan menyimak materi disampaikan pemateri.
Peserta bimbingan dan pemuluhan LKPM Online yang umumya merupakan pelaku usaha di Tanjungpinang menyampaikan sejumlah pertanyaan terkait materi yang diberikan.
Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan, Mulyadi SKom, memberikan pemaparan sekaligus mensimulasikan penerapan LKPM Online kepada peserta.
Kasubdit Pelayanan Berbantuan Perizinan Berusaha Direktorat Pelayanan Perizinan Berusaha BKPM RI Erliana Novy Siregar memberikan pemaparan mengenai LKPM Online kepada para peserta.
Kabid Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Sistem Informasi Penanaman Modal Dinas PMPTSP, Syamsul Bahri SE (kanan), memandu penyuluhan sekaligus simulasi LKPM Online.
Anggota IV Bidang pengendalian dan penghawasan BP Kawasan Bintan Radif SIp, sebagai nara sumber sekaligus mensimulasikan penerapan LKPM Online.