Fokus Mengoptimalkan Daerah Perbatasan, BNPP Pusat Gelar Rapat Bersama Pemkab Bintan
29 Maret 2019
DALAM RANGKA mengoptimalkan kawasan perbatasan di setiap daerah perbatasan, BNPP melakukan rapat bersama pemda yang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga, salah satunya adalah pemerintah kabupaten Bintan, rapat tersebut berlangsung di ruang rapat BAPELITBANG Bintan, Jumat (29/3/2019) Sore, rapat tersebut langsung dipimpin oleh Wakil Bupati Bintan Drs. Dalmasri Syam, MM didampingi oleh Sekda Bintan Adi Prihantara, MM.

Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Suhajar Diantoro dalam sambutan menyampaikan bahwa ada tiga tujuan BNPP RI melakukan rapat bersama pemerintah daerah yang ada di perbatasan yaitu mengakomodir batas-batas wilayah negara di setiap daerah perbatasan yang ada, membangun dan mengelola kawasan perbatasan dengan cara mengembangkan daerah perbatasan menjadi sejajar dengan daerah perbatasan negara lain serta membentuk badan perbatasan yang nantinya mengurus segala bentuk hal-hal yang menyangkut persoalan perbatasan," ujarnya

"Saat ini permasalahan yang muncul dalam upaya meningkatkan efektifitas tata kelola pengelolaan perbatasan semakin kompleks. Dari masalah batas Negara, lintas batas Negara, pengelolaan potensi dan infrastruktur. Keseluruhan permasalahan itu perlu dimanage untuk penyelesaiannya"

"Dorongan dari Kementerian/Lembaga teknis yang membangun perbatasan menginginkan agar BNPP lebih berperan aktif sebagai mediator dan koordinator, itu merupakan penyemangat bagi kita terlibat lebih untuk memfasilitasi dan memediasi persoalan-persoalan batas negara dan pembangunan kawasan, maka dari itu BNPP akan terus berkordinasi dengan pemerintah daerah yang ada di setiap perbatasan agar program yang direncanakan pemerintah pusat dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, wakil bupati bintan Drs. Dalmasri Syam, MM sangat menyambut baik program pemerintah pusat membangun dari daerah perbatasan, karena permasalahan yang ada di daerah perbatasan benar-benar kompleks, butuh penanganan yang khusus," ungkapnya

"Program yang selama ini di usulkan pemerintah daerah dalam hal mengelola daerah perbatasan hanya sebatas yang diperlukan saja, ternyata setelah dijelaskan secara detail buka hanya masalah perbatasan, namun persoalan masyarakat didaerah perbatasan juga dapat di selesaikan melalui BNPP," tutupnya. (*)
Kepala OPD Bintan yang hadir dalam pemaparan pengelolaan perbatasan olen BNPP RI.
Kepala OPD Pemkab Bintan menyimak pemaparan.Kepala OPD Pemkab Bintan menyimak pemaparan.
Sekdakab Bintan Adi Prihantara (kanan) mendengarkan pemaparan dipimpin Wagub Bintan Dalmasri Syam dan Sekretaris BNPP RI Suhajar Diantoro.
Sekretaris BNPP RI Suhajar Diantoro memberikan pemaparan terkait pengelolaan pernatasan.
Suasana Rapat.
Wabup Bintan Dalmasri Syam dan Sekretaris BNPP RI Suhajar Diantoro bersama sejumlah Kepala OPD Pemkab Bintan usai pemaparan.
Wabup Bintan Dalmasri Syam, Sekretaris BNPP RI Suhajar Diantoro, Sekda Bintan Adi Prihantara dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Bintan berfoto bersama.