Tour de Bintan Pecahkan Rekor Peserta Terbanyak Indonesia
26 Maret 2018
BINTAN - Tour de Bintan 2018 tercatat sebagai balapan sepeda dengan jumlah peserta terbanyak di Indonesia.

Union Cycliste Internationale (UCI) sebagai penyelenggara kegiatan mencatat, sedikitnya ada 12.000 peserta dari 42 negara turut bagian dalam balapan sepeda yang dilaksanakan di Lagoi, Bintan, 23-25 Maret 2018 tersebut.

JHampir semua hunian yang ada di Kawasan Wisata Terpadu, Lagoi penuh. Setidaknya Rp 7 milyar uang berputar dibelanjakan peserta dan turis yang menyaksikan iven tersebut.

Hadir pada pembukaan diantaranya Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur, Staf Ahli Menteri Pariwisata Ratna Suranti, Bupati Bintan Apri Sujadi, Wakil UCI Internasional Dato Amarjid Sight Gill, Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi, Wakil Bupati Dalmasri Syam, Perwakilan ICF, serta Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional 4 Jambi-Kepri Ir Junaidi MT.

Bupati Bintan, Apri Sujadi dalam sambutannya menegaskan jika pelaksanan Tour de Bintan 2018 yang telah dipersiapkan secara matang berlangsung sukses. 

Jumlah peserta yang terbilang paling banyak sepanjang 8 tahun pelaksanaannya disebut Apri tidak hanya berpengaruh kepada pelaksaannya di tahun mendatang, tetapi juga akan berpengaruh signifikan terahadap pendapatan asli daerah (PAD) dan juga ekonomi masyarakat.

"Kita ketahui bahwa pendapatan terbesar Bintan diperoleh dari sektor pariwisata (60 persen). Kami berharap kunjungan wisatawan akan terus meningkat sehingga PAD dan ekonomi masyarakat juga meningkat," sebut Apri Sujadi usai melepas peserta Tour de Bintan 2018, Sabtu (24/3).

Senada itu, Menpan-RB Asman Abnur berharap kesuksesan iven pariwisata diadakan Pemkab Bintan kedepannya dapat berimbas secara langsung kepada perekonomian masyarakat.

"Silahkan warga memafaatkannya. Jual hasil kerajinan atau hasil alam lainnya kepada turis," sebut Asman. (***)

Narasi : Andri Mediansyah
Foto : Andri/IST
Artis Ibu Kota Fitri Carlina
Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan kata sambutan usai melepas peserta Tour de Bintan 2018
Bupati Bintan menyerahkan cedera mata kepada perwakilan UCI Internasional
Kadis Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira (2 dari kiri) bersama Staf Ahli Menteri Pariwisata Ratna Suranti berpose bersama pemenang kategori 144 klasik putri.
Menpan-RB Asman Abnur menyampaikan kata sambutan
Peserta Tour de Bintan melintasi jalur lintasan yang disambut antusias masyarakat
Peserta Tour de Bintan
Staf Ahli Menteri Pariwisata Ratna Suranti meyematkan medali kepada pemenang
Tour de Bintan 2018 turut disemarakkan dengan penampilan atraksi kebudayaan