Tasyakuran HUT Ke 38 Tahun DEKRANAS, Deby Puji Potensi Kerajinan di Bintan
16 Februari 2018
BINTAN - Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) pada Maret tahun ini genap menginjak usia 38 tahun. Memperingati HUT tersebut, H. Deby Apri Sujadi selaku Ketua Dewan Kerajinan Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Bintan menggelar Tasyakuran bersama seluruh pengurus dan tokoh masyarakat sekitar di Galery DEKRANASDA Bintan, beberapa waktu lalu.

Dalam Tasyakuran tersebut, Deby mengatakan bahwa perkembangan kerajinan di Bintan dengan berbagai potensinya sangat signifikan. Hal ini dilihat dari terus bertumbuhnya satu persatu pusat-pusat kerajinan di berbagai tempat.

"Saya sering keliling melihat-lihat, banyak sekali potensi itu di daerah kita. Di tiap Kecamatan bu, selalu ada inovasi keren yang mereka hasilkan dari olahan tangan-tangan kreatif. Saya bangga dengan pengrajin kita, kadang saya suka aneh sendiri liatnya, bagaimana bisa mereka punya kreatifitas yang tinggi gitu untuk menghasilkan berbagai karya" terangnya saat memberikan sambutan.

Sejauh ini, DEKRANASDA Bintan telah mengalami kemajuan yang luar biasa. Galery yang terpusat di Gedung Megat Seri Rama saat ini telah memamerkan berbagai olahan kreatif yang sangat bernilai seni. Deby bahkan sempat bercerita bagaimana harunya saat ia meninjau langsung bazar dalam pelaksanaan MTQ Tingkat Bintan Timur Tahun 2018.

"Saya bangga, sangat bangga. Kaget saya bu melihat bazar malam itu tepat di depan Galery kita. Apa yang ada dalam bazar tersebut sangat luar biasa. Jangan takut bu, kita punya wadah di sini, Galery ini milik kita bersama. Semua dari KUBE mana pun bisa datang ke sini untuk sama-sama kita berdiskusi demi kebaikan ke depannya" imbuhnya.

Deby menambahkan, para pengrajin inovatif di Bintan memang memiliki kualitas yang sangat mumpuni. Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah bagaimana mereka diberikan wadah dan terus didoronh untuk mengembangkan imanjinasi demi kerajinan daerah yang semakin bernilai.

"Pengrajin kita hebat-hebat semua. Tinggal bagaimana mereka diberi wadah saja. Kami juga selalu berupaya agar semua hasil kerajinan daerah di Bintan ini dapat dipromosikan di luar dan tentunya dapat menjadi ciri khas daerah kita" jelasnya saat ditemui usai acara. (***)

Narasi & Foto : Humas Pemkab Bintan

Ketua Dewan Kerajinan Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Bintan, H. Deby Apri Sujadi memberikan pemaparan mengenai perkembangan kerajinan di Kabupaten Bintan.
Ketua Dewan Kerajinan Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Bintan, H. Deby Apri Sujadi memberikan kata sambutan.
Ketua Dewan Kerajinan Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Bintan, H. Deby Apri Sujadi melakukan pemotongan tumpeng.
Ketua Dewan Kerajinan Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Bintan, H. Deby Apri Sujadi didampingi pengurus Dekrnasda.
Ketua Dewan Kerajinan Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Bintan, H. Deby Apri Sujadi besama perajin dan pengurus Dekranasda Bintan.
Ketua Dewan Kerajinan Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Bintan, H. Deby Apri Sujadi berdialog dengan para perajin.