Patung di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva Digaransi 500 Tahun
10 Februari 2017
Patung Luohan di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva Tanjungpinang. (F: Andri Mediansyah)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Tahukah Anda jika ternyata ratusan patung yang ada di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva Tanjungpinang ini digaransi selama 500 tahun?

Hal ini disampaikan penggagas pembangunan Vihara Ksitigarbha Bodhisattva sekaligus ketua yayasan yang menaunginya, Jumat (10/2/2017). Menurut Bobby, meski masyarakat menamai Vihara Seribu Patung, seluruh patung yang ada di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva sebetulnya berjumlah tidak sampai seribu. Patung yang ada terdiri dari 500 patung Luohan (manusia yang akan mencapai tingkatan Dewa) di deretan belakang, 40 patung Dewa di bagian depan dan belakang, ditambah sebuah patung Budha berukuran besar di depan bangunan mirip sebuah tembok untuk menempatkan sebuah lonceng berukuran besar. 

Keseluruhan patung ini dipesan dari suatu daerah perajin batu pahat di Tiongkok. Patung Luohan dan patung Dewa ini dijelaskan Bobby merupakan hasil donasi dari para donatur. Setiap patung dibeli seharga 25.000 Dollar Singapura (atau seharga Rp25 juta).  

Setiap patung terbuat dari batu granit utuh yang dipahat ini memiliki sertifikat berisi nama para donatur. Baik perorangan, ataupun atas nama perusahaan.

"Patung-patung ini digaransi selama 500 tahun," jelas Bobby.

Dengan jumlah patung yang ada, Bobby menegaskan jika Vihara Ksitigarbha Bodhisattva yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektar ini merupakan salah satu vihara terbesar di Asia Tenggara setelah Tiongkok.

"Kalau di China sana jumlah patungnya sama. Cuma ukurannya lebih besar," tutup Bobby. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua