Lengkapi Proses Sidang, Kuasa Hukum Nurdin Basirun Angkut Dokumen dari Kantor Gubernur
14 Februari 2020
Andi Muhammad Asrun, selaku kuasa hukum Gubernur Kepri non Aktif Nurdin Basirun (depan) membawa sejumlah dokumen dari Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (14/2/2020). Dokumen milik Nurdin Basirun itu akan dipertunjukkan di persidangan. (Foto: Rico)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sejumlah dokumen penting "diangkut" oleh Andi Muhammad Asrun, Pengacara Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) nonaktif, Nurdin Basirun dari Bagian Biro Hukum, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (14/2/2020).

Dokumen penting tersebut, berupa barang bukti berupa slip penerimaan gaji dan honor Nurdin Basirun selama aktif menjabat Gubernur Kepri terhitung Mei 2016 sampai Juli 2019. 

Menurut Andi, dokumen ini akan disampaikan dalam persidangan dengan agenda pledoi atau pembelaan terdakwa kasus dugaan korupsi suap dan gratifikasi Nuridn Basirun.

"Dokumen penting ini akan digunakan untuk membela Nurdin Basirun di persidangan pledoi. Dokumen penting ini juga sudah diserahkan kepada KPK pada sidang sebelumnya," ungkapnya.

"Dokumen ini nantinya akan dicocokkan dengan data yang dipegang KPK," tambahnya.

Andi berharap dokumen ini akan meringankan hukuman bila memang Nurdin nantinya dinyatakan bersalah.

Pantauan di lapangan, dokumen-dokumen tersebut dibawa Andi dengan bantuan sejumlah tenaga harian lepas di lingkungan Pemprov Kepri. Dokumen itu tampak dibungkus menggunakan kantong plastik hitam, lalu dimasukkan ke dalam sebuah mobil Kijang Innova berwarna hitam.

"Sebab barang bukti berupa uang yang disita KPK itu merupakan haknya Pak Nurdin dari bekerja sejak jadi Bupati Karimun dua periode dan Gubernur Kepri," tegas Andi.

Nurdin terakhir menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Rabu (12/2/2020) lalu. Jaksa menghadirkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kepulauan Riau (Kepri) Andri Rizal sebagai saksi.

Dalam kesaksiannya, Andri Rizal mengaku telah menyediakan uang sekitar total Rp 55 juta untuk mendukung sejumlah kegiatan mantan Gubernur Kepri Nurdin Basirun. (Rico)





Berita Terkait
Lihat Semua