Jabatan Kepala OPD Kepri Bakal Banyak Kosong
13 Februari 2020
Sekdaprov Kepri, TS Arif Fadillah. (Foto: Dokumen inilahkepri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sejumlah jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) bakal banyak kosong, dikarenakan akan masuk Masa Persiapan Pensiun (MPP).
 
Terkait hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan, jumlah pejabat yang masuk MPP pada tahun ini cukup banyak, maka akan dilakukan lelang jabatan (open bidding) dan job fit.

"Saat ini kita tengah mempelajari pengisian sejumlah jabatan kosong Kepala OPD Kepri yang akan masuk MPP. Kita juga melakukan konsultasi bersama Kemendagri," ungkap Arif, Kamis (13/2/2020).

Dijelaskan Arif, dari 10 jabatan Kepala OPD Pemprov Kepri yang bakal mengalami kekosongan, kemungkinan besar hanya beberapa saja akan dilakukan open bidding. Sementara, sisanya akan dilakukan job fit sesuai dengan kemampuan dan latar belakang para pejabat eselon II Pemprov Kepri.

Oleh karena itu, lanjut Arif, dirinya masih mempelajari mana-mana saja jabatan yang akan dilakukan open bidding atau job fit.

"Untuk masalah ini kita juga membahasnya dengan Plt Gubernur sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian," terangnya.

Selain itu, mengenai Surat Edaran Mendagri Nomor 273/487/SJ  pada 21 Januari lalu terkait dukungan Pemda untuk menyukseskan Pilkada serentak mulai dari penggantian pejabat, pengisian kekosongan jabatan kepala daerah sampai dengan dukungan PNS.

Atas persoalan itu, Sekda menyampaikan, akan selalu berkonsultasi dengan Kemendagri mengenai pelaksanaan open bidding dan job fit pada tahun politik ini. Jika diperbolehkan, maka pelaksanaannya akan dilaksanakan baik sebelum atau sesudah Pilkada.

"Yang pasti sesuai dengan edaran itu, yang utama sekali kita akan menyukseskan Pilkada serentak 2020. Namun, untuk open bidding atau job fit ini tetap akan dikonsultasikan bersama Kemendagri," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Kepegawaian Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepri, 10 pejabat eselon yang akan masuk MPP yakni, Asisten I Bidang Pemerintahan Raja Ariza, Kepala Inspektorat Mirza Bahtiar, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Tagor Napitupulu. 

Lalu, Kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Tjetjep Yudiana, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Barenlitbang) Naharudin, Staff Ahli Heru Sukmoro, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muramis, serta Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jamhur Ismail. Kemudian, Subandi Kepala Satpol PP dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Nilwan. (Rico)





Berita Terkait
Lihat Semua