Larangan WN China Ke Indonesia, Imigrasi Tanjungpinang Tingkatkan Pengawasan
13 Februari 2020
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Irwanto Sulaihi. (Foto: Albet)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang memastikan akan terus meningkatkan pengawasan terhadap orang asing yang tinggal dan bekerja di wilayah Tanjungpinang dan Bintan. Hal ini dilakukan terkait adanya pelarangan sementara pemberian bebas visa kunjungan atau visa on arrival kepada setiap warga negara China.

"Sepanjang ada larangan seperti tidak memberikan visa on arrival, itu akan kami lakukan," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Irwanto Sulaihi, Kamis (13/2/2020).

Aturan ini dikeluarkan Kementerian Hukum dan HAM RI terhitung sejak 5-29 Februari mendatang. 

Menurut Irwanto, keberadaan tim Pengawasan Orang Asing atau Tim Pora yang terdiri dari berbagai stakeholder itu dinilai sangat membantu dalam hal pengawasan terhadap orang asing di wilayah Kota Tanjungpinang dan Bintan.

"Di Tanjungpinang khususnya, kami sudah ada Tim Pora. Beberapa waktu nanti, kami akan melakukan pengawasan. Apalagi di pulau Bintan ada 2 Kantor Imigrasi, Tanjungpinang dan Uban"" ungkapnya.

Sejauh ini, tambah Irwanto, ada sekitar 270 Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di wilayah Tanjungpinang dan Bintan. Bahkan, beberapa orang sebelumnya ada yang sudah meninggalkan pulau Bintan sebelum munculnya isu wabah virus Korona yang melanda wilayah Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

"Semuanya tenaga kerja asing yang di pulau Bintan ya. Saya yakin, semuanya punya izin karena kami selalu lakukan controlling, kalau ditemukan seperti sebelum-sebelumnya, maka akan kami deportasi," paparnya.

Lebih lanjut kata Irwanto, pihaknya memastikan tidak akan ada pemberian izin bagi WNA yang berasal dari China. Selain itu, saat ini juga tidak ada penerbangan dari China ke Indonesia. 

"Yang sudah ada saat ini (TKA), mereka masih punya izin. Tapi yang baru masuk, itu tidak bisa. Kecuali mereka ada izin emergency, itu bisa," pungkasnya. (Albet)





Berita Terkait
Lihat Semua