Posko Kesehatan Provinsi Kepri di Natuna Mulai Beroperasi
06 Februari 2020
Asisten 1 Pemprov Kepri Raja Ariza (dua dari kanan) saat peresmian pengoperasian Posko kesehatan Provinsi Kepri di Ranai Natuna, Kamis (6/2/2020). Didirikannya posko ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Natuna dalam menghadapi kekuatiran akan kehadiran WNI yang dievakuasi dari Wuhan di Natuna. (Foto: IST)
INILAHKEPRI, NATUNA - Posko Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di Natuna telah mulai beroperasi Kamis (6/2/2020), ditandai dengan peresmian penggunaan posko oleh Plt Asisten 1 Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Raja Ariza.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Irmansyah menjelaskan bahwa Posko Kesehatan ini merupakan perintah langsung Plt Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Natuna dalam menghadapi kekuatiran akan kehadiran WNI yang dievakuasi dari Wuhan di Natuna.

"Pada dasarnya, saudara kita dari Wuhan itu sehat. Karena itulah Pak Gubernur memerintahkan kami kemari untuk menjelaskan sekaligus memberikan cara bagaimana cegah tangkal sehingga aman dari kontaminasi virus. Khususnya virus corona ini," ujar Irmansyah.

Irmansyah menuturkan bahwa kecil kemungkinan adanya penularan virus corona ke lingkungan masyarakat Natuna di sekitar lokasi observasi. Namun demikian, untuk memberikan rasa aman dan nyaman Irmansyah mengajak warga Natuna untuk mengecek secara rutin kesehatannya di Posko Kesehatan Pemerintah Provinsi di Pantai Piwang, Ranai.

"Sesuai arahan Pak Gubernur melalui Kadis Kesehatan, kami juga menyiapkan masker bagi yg sakit dan menyiapkan tenaga medis untuk memeriksa kesehatan warga Natuna," jelas Irmansyah.

Tim Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ini merupakan tim pendahulu dimana nanti akan menyusul tim kesehatan lainnya dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dalam beberapa gelombang kedatangan untuk bergabung bersama Kementerian Kesehatan RI dan  Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna dalam menjamin rasa aman dan nyaman masyarakat Natuna.

"Arahan Pak Gubernur, kesehatan warga Natuna menjadi prioritas utama dinas kesehatan provinsi Kepri. Sementara di sisi lain tim Kementerian Kesehatan bisa fokus dalam melakukan observasi terhadap saudara kita WNI dari Wuhan tersebut," jelasnya.

Irmansyah juga mengimbau warga Natuna untuk tidak panik dan bisa mendatangi Posko kesehatan Provinsi Kepulauan Riau guna mendapat jawaban sebenarnya tentang virus Corona ini. (*)

Sumber : Diskominfo Kepri




Berita Terkait
Lihat Semua