Kadinkes Tanjungpinang: Kanker Dapat Dicegah dengan Menerapkan Pola Ini
05 Februari 2020
Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam. (Foto: Dokumen inilahkepri.com/Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Tanggal 4 Februari merupakan Hari Kanker Sedunia (HKS), yang pada periode tahun 2019-2021 memiliki tema 'Saya adalah dan saya akan' (I Am and I Will). Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam mengatakan,  tema ini bermakna untuk mengajak semua pihak terkait menjalankan perannya masing-masing dalam mengurangi beban akibat penyakit kanker.

Rustam berpendapat, bahwa HKS diperingati sebagai salah satu upaya untuk membangun dan menggaungkan inspirasi serta memobilisasi berbagai tindakan global dalam membangun kesadaran masyarakat akan pencegahan dan pengendalian kanker melalui peningkatan keterlibatan publik.  

"Dampak dari pada peningkatan kesadaran masyarakat ini terlihat dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang melakukan upaya pencegahan kanker melalui deteksi dini," katanya.

Lebih lanjut kata Rustam, menurut World Health Organization (WHO), sekitar 43 persen penyakit kanker dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti menghindari asap rokok, tidak mengkonsumsi alkohol, diet sehat dan seimbang, rajin aktivitas fisik, menghindari makanan yang mengandung pengawet, perasa, pewarna dan penyedap serta menghindari bahan karsinogenik lainnya. 

"Mari kita mulai dengan menjaga kesehatan sejak dini untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kanker," pungkasnya. (Albet)





Berita Terkait
Lihat Semua