3.409 Peserta Berebut 108 Kuota CPNS Pemprov Kepri
03 Februari 2020
Monitor menampilkan soal dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Penerimaan CPNS Pemprov Kepri tahun 2020 ini diikuti sebanyak 3.409 peserta yang akan memperebutkan 108 kuota penerimaan. (Foto: Dokumen inilahkepri/Andri Mediansyah)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Ribuan peserta, Senin (3/2/2020), mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri).  

SKD dilaksanakan selama lima hari kedepan, di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur Kepri, Dompak. 

Sebanyak 3.409 peserta akan menjalani ujian menggunakan tes sistem Computer Assisted Test (CAT) hingga 7 Februari 2020. Dalam satu hari, digelar sebanyak 5 sesi dengan jumlah komputer sebanyak 150 unit.

Di kesempatan itu, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepri membutuhkan tenaga-tenaga yang profesional dan berkualitas dalam menjalankan roda pemerintahan karena tuntutan akan perubahan kinerja pemerintahan terus meningkat.

"Pemerintah Provinsi membutuhkan SDM terbaik yang punya kemampuan dalam menjalankan pemerintahan. Dengan kualitas pegawai terbaik, kita berharap kinerja dan pelayanan semakin meningkat," kata Arif.

Dengan pelaksanaan seleksi ini, Arif berharap nantinya dapat terpilih para calon pegawai yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhan oleh Pemerintah Provinsi Kepri.

Ujian ini dilaksanakan tentunya untuk memilih calon pegawai terbaik untuk menempati posisi yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah. 

"Kami berharap peserta dapat lulus dan mengisi pos yang dibutuhkan dan segera mengabdi untuk bersama memajukan Kepri,' ujarnya.

Ia juga berpesan kepada semua peserta yang mengikuti SKD Penerimaan CPNS ini agar serius mengikuti ujian dan selalu berdoa kepada yang Maha Kuasa.

"Sebelum ujian berdoa jangan lupa. Kalau perlu sebelum berangkat ujian mohon doa dan restu orang tua agar diberikan kemudahan dalam ujian. Saya berharap semuanya berhasil dan sukses mengikuti ujian ini," harapnya.

Setelah pembukaan, pada kesempatan ini Arif meninjau ruang medis yang diperuntukan bagi peserta yang sakit dan memantau persiapan live score monitor yang digunakan untuk menampilkan hasil ujian yang ditempatkan di luar ruangan ujian.

"Pastikan layar live score ini berfungsi dengan baik, sehingga keluarga dari peserta bisa langsung melihat hasil ujian. Kita harus lakukan ini untuk menunjukan bahwa pelaksanaan ujian ini transparan dan murni hasil dari perjuangan masing-masing peserta dalam menjawab soal ujian," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepri, Firdaus menyampaikan bahwa sebanyak 3.409 ini akan mengikuti SKD dan telah lolos pada seleksi administrasi. 

Memperebutkan 108 Kuota

Terkait jumlah kuota CPNS Pemprov Kepri ini, Firdaus mengutarakan kuota yang dberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (Kemenpan-RB) yakni sebanyak 108 kuota dari sekitar 200 kuota yang diajukan oleh pihaknya.

“(Untuk formasi) Sebagian besar yang dibuka nanti tenaga pendidik dan kesehatan. Karena dua bidang itu jadi prioritas kita,” tutupnya. (Rico)





Berita Terkait
Lihat Semua