Upaya Disbudpar Menjadikan Museum SSBA Tidak Lagi Berkesan Anker
01 Februari 2020
Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA) Tanjungpinang. Disbudbar Tanjungpinang membuat inovasi, menggelar berbagai kegiatan di musem pada malam hari, menjadikannya sebagai pusat interaksi wisata sehingga menjauhkan museum dari kesan anker. (Foto: inilahkepri/Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang membuat inovasi, mengemas Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA) sebagai destinasi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi.

Jika selama ini Museum hanya identik hanya sekedar menyajikan data, fakta, serta koleksi sejarah, Disbudpar Kota Tanjungpinang akan menjadikannya sebagai pusat interaksi pariwisata. 

"Museum SSBA ini merupakan kebanggaan Pemerintah dan masyarakat Tanjungpinang, lebih luas lagi Provinsi Kepulauan Riau. Oleh karena itu kami akan mengemas sebagai destinasi menarik. kedepan kami akan membuat inovasi destinasi menarik mejadi kesatuan dengan kota lama," papar Surjadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang, Jumat (31/1/2020) malam.

Disbudpar dikatakan Surjadi akan membuat berbagai kegiatan di Museum SSBA pada malam hari. 

"Bisa berupa museum kafa dengan berbagai sajian. Mulai tarian, musik dan sebagainya sehingga ada interaksi wisata," papar Surjadi.

Kegiatan di Museum SSBA seperti disebut Surjadi itu telah dimulai Jumat malam, berupa kegiatan malam keakraban Wali Kota Tanjungpinang dengan organsisasi perangkat daerah (OPD) setempat. 

Temu akrab itu dimeriahkan penampilan musik diantara bincang tamu sembari menikmati tegukan kopi dna sajian kuliner khas Melayu.

Pemerintah Kota Tanjungpinang sendiri telah mengagendakan tiga kegiatan Museum SSBA masuk ke dalam kalender pariwisata 2020. Yakni Semalam di Museum pada akhir Januari, serta Semarak Museum di Hatiku pada awal April dan Juni 2020.

"Cobalah berkunjung ke museum pada malam hari. Nuansanya terang benderang. Sama sekali tidak ada kesan anker," pungkas Surjadi. (Andri) 






Berita Terkait
Lihat Semua