Kepri Punya 4 Rumah Sakit Rujukan Penanganan Virus Korona
27 Januari 2020
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Thabib, Tanjungpinang, merupakan salah satu rumah sakit di Kepri yang ditunjuk Kemenkes mah sakit rujukan bagi pasien yang tertular virus Korona. Ada empat rumah sakit di Kepri yang ditunjuk Kemenkes. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana menegaskan, Provinsi Kepri memiliki 32 Rumah Sakit dan 18 di antaranya menyatakan siap menerima pasien yang terindikasi virus Korona. 

Ke 18 Rumah Sakit ini juga diklaim sudah mumpuni melakukan tindak medis terhadap pasien yang positif terkena penyakit yang mematikan tersebut.

"Dari 32 Rumah Sakit di Kepri ini, ada 18 Rumah Sakit yang menyatakan siap melakukan tatalaksana kasus apabila itu ditemukan," tegas Tjetjep saat berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Thabib Tanjungpinang, Senin (27/1/2020).

Dari 18 Rumah Sakit itu, lanjut dia, 4 diantaranya ditetapkan Kementerian Kesehatan RI sebagai rumah sakit rujukan bagi pasien yang tertular virus Korona tersebut. Bahkan, di 4 Rumah Sakit ini diklaim sudah memiliki sumber daya manusia, fasilitas dan alat pelindung diri serta pola tatalaksana kasus tersebut.

"Keempat Rumah Sakit yang wajib melaksanakan isolasi yakni, Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib Tanjungpinang, Rumah Sakit Embung Fatimah Batam, Rumah Sakit BP Batam dan Rumah Sakit Haji Muhammad Sani di Karimun," ujarnya.

Untuk itu, Tjetjep mengimbau masyarakat Kepri tidak perlu khwatir dengan adanya wabah virus Korona yang melanda negara China. Bahkan, masyarakat juga diminta untuk tidak berpergian ke negara tersebut. Terpenting, katanya, masyarakat harus mengedepan perilaku hidup sehat dan menjaga lingkungan sekitarnya agar selalu bersih.

"Cuci tangan sebelum makan, hindari tempat-tempat rawan, kalau ke pasar pakai masker, jika ada mengalami gejala demam, batuk-batuk, sesak napas, segera melapor, karena ini salah satu bentuk kewaspadaan kita," pungkasnya. (Albet)





Berita Terkait
Lihat Semua