Tak Lagi Targetkan Kunjungan, Komisi X DPR RI Dorong Pemda Tingkatkan SDM Pariwisata
27 Januari 2020
Anggota Komisi X DPR RI, My Esti Wijayanti. (Foto: Rico)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Kementerian Pariwisata tidak lagi menargetkan kepada jumlah kedatangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, tetapi telah berorientasi pada target penghasilan masyarakat dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata.

Anggota Komisi X DPR RI, My Esti Wijayanti mengatakan, perhatian pemerintah daerah terhadap pembangunan pariwisata tidak lagi berbicara jumlah wisatawan yang datang. 

"Sekarang ada tiga target utama, yaitu peningkatan devisa pariwisata, peningkatan jumlah dan keterampilan SDM pariwisata, serta mendapatkan nilai tambah dari sektor pariwisata," ungkap Esti di Tanjungpinang belum lama ini.

"Jadi targetnya itu bukan lagi jumlah banyak wisatawan, tetapi nilai yang bisa diberikan kepada masyarakat. Bagaimana mereka (wisman) lama menginapnya. Kemudian bagaimana memberikan pelayanan yang baik agar wisatawan betah," paparnya lagi.

Dikatakan Esti, kalau implikasinya banyak-banyakan jumlah wisatawan, pemerintah daerah sudah harus menyiapkan infrastruktur yang lebih, salah satunya seperti Bandara. Kemudian apakah masyarakatnya sudah siap menerima jumlah wisatawan tersebut, hotel-hotelnya juga apakah sudah siap dan lain sebagainya.

"Maka bagaimana menaikkan kualitas SDM-nya saja. Itu kuncinya. Tetapi kalau kita investasi besar-besaran kepada infrastruktur dan objek wisatanya saja, namun tidak menyiapkan SDMnya, itu tidak akan bisa memberikan nilai lebih, dan tidak akan membuat wisatawan jadi betah," ujarnya.

"Kalau berbicara wisata, berarti menyasar kepada Sapta Pesona. Nah, itu masyarakat yang tidak paham selama ini. Jadi pemerintah daerah sudah mulai melakukan hal ini," tandasnya.

"Apakah pemerintah daerah sudah melakukan itu, untuk bisa memberikan pelayanan. Percuma yang hanya tau pemerintahnya saja, kalau masyarakatnya tidak diberikan pemahaman itu," pungkasnya lagi.

Sebagaimana diketahui,  Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi salah satu destinasi tujuan wisatawan mancanegara (Wisman) terbesar di Indonesia. Jumlah kedatangan wisman ke Kepri merupakan terbanyak kedua setelah Bali. (Rico)




Berita Terkait
Lihat Semua