Seorang Warga Binaan Narkotika Dapat Remisi Imlek
23 Januari 2020
Ilustrasi. (Foto: Dokumen inilahkepri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Seorang warga binaan yang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Tanjungpinang di Kilometer 18, Kijang, Bintan mendapat remisi khusus Imlek tahun 2020.

"Tahun ini memang hanya mengusulkan satu warga binaan penerima remisi khusus Imlek. Remisi yang diberikan yaitu selama 1 bulan 15 hari," ungkap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kepri  Dedi Handoko di Tanjungpinang, Kamis (23/1/2020).

Pemotongan masa tahanan sama seperti pada peringatan hari besar keagamaan lainnya, seperti Idul Fitri, Natal, Waisak dan Nyepi. Remisi khusus Hari Raya Imlek diberikan kepada warga binaan etnis Tionghoa yang merayakan Imlek 2020.

"Untuk warga binaan di Lapas Narkotika Kelas II A ini, ada banyak narapidana etnis Tionghoa, tapi rata-rata belum memenuhi syarat. Kecuali satu narapidana tersebut," jelasnya.

Masih dikatakan Handoko, pemberian remisi ini karena yang bersangkutan berdasarkan beberapa pertimbangan, antara lain berkelakuan baik yang dibuktikan dengan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, terhitung sebelum tanggal pemberian remisi.

"Jadi remisi hari raya Imlek sebagai bentuk hadirnya Negara bagi para Warga Binaan sebagai wujud hadiah khususnya bagi atnis tionghoa yang selama ini telah menunjukan perubahan diri serta berkelakuan baik dalam masa pembinaannya," terangnya. (Rico)





Berita Terkait
Lihat Semua