Hindari Antrean Panjang, KSOP Akan Operasikan Pelabuhan Tanjung Moco
20 Januari 2020
Bongkar muat di Pelabuhan Sri Payung, Batu 6 Tanjungpinang. Untuk menghindari antrean panjang di pelabuhan bongkar muat di Tanjungpinang, KSOP Tanjungpinang berencana mengoperasikan Pelabuhan Tanjung Moco, Dompak sebagai solusinya. (Foto: Andri)

INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang memberikan solusi dengan mengoperasikan Pelabuhan Cargo Tanjung Moco, Dompak, Kota Tanjungpinang.

 

Hal tersebut dilakukan karena antrian kapal-kapal barang di Pelabuhan Bongkar Muat seperti, Pelabuhan Sri Payung dan Pelabuhan Rakyat Pelantar II. Hal ini juga dikeluhkan pengusaha dikarenakan daftar tunggu bukan hanya hitungan hari, tetapi terkadang hitungan minggu di hari-hari tertentu.

 

 Kepala KSOP Tanjungpinang, Mappeati menyampaikan untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya memberikan solusi dengan pilihan bagi kapal-kapal barang yang akan membongkar barangnya di Pelabuhan Cargo Tanjung Moco.

 

"Pelabuhan Tanjung Moco, saat ini telah siap untuk dioperasikan dan digunakan oleh masyarakat untuk bongkar muat kapal," kata Mappeati, kemarin.

 

Ia menjelelaskan, bahwa keberadaan Pelabuhan Cargo Tanjung Moco telah mendapatkan izin beroperasi dari Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI.

 

Sehingga dengan telah mengantongi perizinan ini, maka pelabuhan tersebut telah bisa melayani kapal untuk sandar dan melakukan bongkar muat barangnya.

 

"Pelabuhan ini bukan hanya melayani kapal-kapal barang lokal atau dari berbagai daerah di Indonesia. Tetapi bisa melayani kapal dari dan tujuan internasional. Sebab izinnya semua sudah lengkap," ujarnya.

 

Dengan telah bisa beroperasinya Pelabuhan Tanjung Moco ini, maka akan mengatasi anterian panjang kapal yang padat di pelabuhan yang ada saat ini.

 

"Kita ketahui pelabuhan barang yang ada saat ini, tidak bisa menampung kapal-kapal yang akan bongkar muat barang. Kapal harus memunggu berhari-hari bahkan mingggu. Untuk itu solusinya bisa bongkar di pelabuhan Tanjung Moco," pungkasnya. (Rico)





Berita Terkait
Lihat Semua