Hujan Deras Akibatkan Banjir dan Tanah Longsor di Tambelan
05 Desember 2019
Banjir di Tambelan, Kamis (5/12/2019). (Foto: IST/ Polsek Tambelan)
INILAHKEPRI, TAMBELAN - Hujan deras melanda Kecamatan Tambelan dua hari terakhir mengakibatkan banjir disertai tanah longsor di sejumlah kawasan kecamatan terjauh di Kabupaten Bintan itu. 

Puncak bencana banjir terjadi pada Kamis (5/12/2019). Air deras bercampur lumpur akibat tanah longsor menerjang pemukiman warga, termasuk  fasilitas umum, fasilitas sekolah dasar (SD 001, 003 dan 005) serta kantor pemerintahan setempat. 

Dari video yang diterima,  sejumlah warga rata-rata pria dewasa terlihat sibuk mengevakuasi para ibu-ibu dan anak-anak yang melintas di jalan dipenuhi air berarus deras. Demikian pula petugas kepolisian dan Satpol PP yang turut mengevaluasi warga, khususnya anak-anak. 

Ipda Alson, Kepala Polsek Tambelan Kamis malam ini menyampaikan, situasi saat ini sudah kondusif karena air sudah berangsur sejam siang tadi. 

"Sekarang masih hujan. Tapi air sudah surut," katanya. 

Namun untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya bersama kecamatan setemoat telah mendirikan posko tanggal darurat. Posko didirikan tak jauh dari rumah adat. 

"Tidak ada yang mengungsi. Tapi ini untuk mengantisipasi adanya banjir susulan. Dikhawatirkan air kembali menguap karena dipengaruhi pasang rob," jelasnya. 

Alson menjelaskan, sejumlah kawasan terdampak cukup parah disebabkan banjir diantaranya di Desa Batu Lepuk, Kampung Melayu dan Desa Kampung Hilir. (Andri




Berita Terkait
Lihat Semua