Atlet Panahan Luar Negeri Jadi Peserta Cabor Panahan Walikota Cup 2019
27 November 2019
Foto: Istimewa/Perpani Tanjungpinang
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Antusiasme masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) untuk mengikuti Kompetisi Cabang Olahraga pada kejuaraan panahan Wali Kota Tanjungpinang Cup Tahun 2019 patut diapresiasi. Pasalnya, Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Tanjungpinang selaku panitia pelaksana dengan terpaksa menutup proses pendaftarannya sebelum batas pendaftaran ditutup karena membeludaknya pendaftar pada event ini.

"Alhamdulillah, meski panahan baru pertama kali masuk dalam rangka Kompetisi Cabang Olahraga Kota Tanjungpinang, tetapi animo masyarakat sangat tinggi," kata Zulhidayat, Ketua Panitia Kejuaraan Panahan Wali Kota Tanjungpinang Cup Tahun 2019, Rabu (27/11).

Zulhidayat mengatakan, bahwa tingginya animo masyarakat yang berpartisipasi pada kejuaraan panahan Wali Kota Cup tahun ini ternyata tidak hanya diikuti dari dalam, namun atlet dari luar Kepri juga sudah terdaftar sebagai peserta pada event ini. Hal ini tentu saja jadi penyemangat bagi penyelenggara, khususnya Perpani Kota Tanjungpinang untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

"Tingginya animo masyarakat untuk ikut dalam kejuaraan ini jadi indikator bahwa olahraga panahan sudah mulai memasyarakat di wilayah Kepri khususnya Tanjungpinang," ungkapnya.

Pada event ini, kata Zulhidayat, panitia telah membuka pendaftaran secara online dari tanggal 13-28 November 2019. Kejuaraan panahan ini dibuka untuk dua kategori yakni kategori Open dan kategori khususnya Tanjungpinang. Namun, beberapa hari setelah pendaftaran dibuka, pihaknya dengan terpaksa menutup pendaftarannya lantaran kuota peserta yang ditargetkan sudah penuh.

"Saat ini sudah ada 200 peserta yang mendaftar, kami panita meminta maaf bagi atlet atau masyarakat pecinta olahraga panahan yang belum bisa ikut dalam event ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Perpani Kota Tanjungpinang, Ade Angga menambahkan, bahwa masyarakat pecinta olahraga panahan patut bersyukur karena ini merupakan kali pertama panahan masuk dalam Wali Kota Tanjungpinang Cup. Kejuaraan panahan ini akan digelar selama dua hari yakni dari tanggal 30 November hingga 1 Desember di lapangan Sunrise Hotel Tanjungpinang.

"Kejuaraan olahraga panahan yang akan diselenggarakan ini gunanya untuk memasyarakatkan olahraga panahan di Kota Tanjungpinang dan mencari bibit olahraga panah yang berbakat," kata Ade.

Ade berharap kedepannya olahraga panahan ini harus terjaga bahkan ditingkatkan lagi mutunya oleh para pemanah pemula khususnya di Kota Tanjungpinang. Kejuaraan panahan itu juga dinilai dapat mengembangkan potensi para atlet yang mereka bina, serta terjalinya silaturahmi antara mereka yang akan bertanding nantinya.

"Kami juga mengapresiasi kepada Pemko Tanjungpinang, karena telah memberikan dukungannya, sehingga kejuaraan ini bisa digelar, karena ini juga untuk melahirkan lebih banyak bibit panahan di Tanjungpinang untuk bisa bertanding di tingkat nasional," pungkasnya. (Rls




Berita Terkait
Lihat Semua