31 Calon Pengacara Pengikuti PKPA Perdana di Tanjungpinang
02 November 2019
Ketua DPC Peradi Tanjungpinang M Agung Wiradharma SH memberikan kata sambutan pada pembukaan PKPA dilaksanakan di Kampus Umrah, Tanjungpinang, Sabtu (2/11/2019). Sebanyak 31 calon advokat mengikuti PKPA perdana dilaksanakan di Kota Tanjungpinang ini. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sebanyak 31 calon advokat atau pengacara, mulai Sabtu (2/11/2019), mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) di Kampus Univesitas Raja Ali Haji (UMRAH).

Pendidikan profesi yang merupakan syarat khusus untuk menjadi advokat ini diselenggarakan Umrah bekerjasama dengan DPC Peradi Kota Tanjungpinang. PKPA ini merupakan pendidikan pertama digelar di Tanjungpinang.

"Selama ini di Kepri PKPA hanya digelar di Batam karena selama ini di Tanjungpinang belum memiliki fakultas hukum. Dengan pelaksanaan PKPA ini maka, bagi lulusan Sarjana Hukum yang ada di Tanjungpinang tidak perlu lagi ke Batam untuk mengikuti PKPA sebagai syarat mengikuti ujian profesi advokat," papar Ketua DPC  Peradi Tanjungpinang M Agung Wiradharma SH.

Agung menjelaskan, kegiatan ini merupakan implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) antara UMRAH dengan DPN Peradi. Kurikulum PKPA yang diterapkan sesuai dengan yang diatur oleh DPN Peradi dan pelaksanaan PKPA ini.

"Kegiatan dilaksanakan sebulan sampai 7 Desember 2019 nanti. Kita berharap 31 calon advokat yang mengikuti PKPA ini bisa lulus supaya bisa mengikuti ujian profesi advokat," tambahnya.

Saat ini, jumlah advokat yang terdaftar di DPC Peradi Tanjungpinang berjumlah 90 orang. Para pengacara itu tersebar di seluruh kabupaten/kota yang ada di Kepri kecuali Kota Batam yang menjadi wilayah kerja DPC Peradi Tanjungpinang.

Pembukaan PKPA, Sabtu (2/11/2019) dihadiri Wakil Wali Kota Tanjungpinang Rahma, Wakil Rektor 1 UMRAH Prof.Dr.rer.nat Rayandra Asyhar, M.Si, serta serta sejumlah pengajar.


Wakil Rektor 1 Prof. DR Rer.nat Rayandra menyebutkan, pelaksanaan PKPA ini sebagai salah satu wujud nyata kehadiran dan peran UMRAH di tengah-tengah masyarakat Provinsi Kepri untuk meningkatkan kualitas SDM di Kepri.

Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma dalam sambutannya mengapresiasi civitas akademika UMRAH dan DPC Peradi Kota Tanjungpinang yang telah membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan SDM yang andal di Kota Tanjungpinang khususnya dan Provinsi Kepulauan Riau umumnya.

Dekan FISIP UMRAH, Dr Oksep Adhayanto menambahkan, kegiatan PKPA ini akan dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu hingga sebulan kedepan. 

Sebagai pembicara dia jelaskan adalah orang-orang berkompeten berasal dari akademisi UMRAH, DPN Peradi, DPC Peradi Tanjungpinang, Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Kejaksaan Negeri Tanjungpinang dan Polres Tanjungpinang. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua