KPU Tetapkan Sigosi Jadi Maskot Pilkada Kepri 2020
01 November 2019
Komisioner KPU Kepri memberikan penjelasan mengenai Sigosi, Gonggong Demokrasi yang ditetapkan sebagai Maskot Pilkada Kepri 2020 di Hotel CK Tanjungpinang, Jumat (1/11/2019). (Foto: IST)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Riau  (KPU Kepri) menetapkan "Sigosi" (Gonggong Demokrasi)   sebagai maskot pilkada 2020.

KPU Kepri merencanakan meluncurkan Sigosi - yang diambil dari siput laut yang menjadi salah satu ikon Provinsi Kepri - sebagai maskot Pilkada Kepri di Pelataran Engku Putri, Jumat pekan mendatang. 

Komisioner KPU Kepri Parlindungan Sihombing dalam sosialisasi tahapan Pilkada Serentak 2020 di Hotel CK Tanjungpinang, Jumat (1/11) mengatakan, penetapan Sigosi sebagai maskot Pilkada telah melalui tahapan. Penetapan telah melalui menyerap informasi dari tokoh adat dan tokoh budaya Melayu yang ada di Kepri, termasuk telah melalui pandangan dari Dinas Pariwisata serta Kesebangpolinmas Provinsi Kepri. 

Parlindungan menjelaskan, Sigosi yang dijadikan sebagai maskot itu nantinya akan mengenakan tanjak sesuai dengan tata cara baku pengenaan tanjak di Kepulauan Riau. Sigosi juga nantinya didesain mengenakan kain songket dan sepatu. 

"Tanjak yang dikenakan Sigosi menyesuaikan cara yang suai dengan kaidah pemakaiannya. Penggunaan tanjak ternyata tidak boleh sembarangan, melainkan ada aturan adat yang harus dipatuhi," jelas Parlindungan. 

Mengenai kenapa Batam yang dijadikan sebagai lokasi peluncuran, Parlindungan menyebut hal itu dimaksudkan untuk mendongkrak partisipasi pemilih di kota itu. Menurut dia, Batam menjadi kota dengan partisipasi terendah kedua setelah Medan pada Pilkada sebelumnya. 

"Selain itu, dari jumlah penduduk Kepri, 50 persen lebih tinggal di Batam," pungkas Parlindungan. 

Peluncuran maskot Pilkada Kepri 2020 ini nantinya disejalankan dengan kegiatan KPU RI, dimana dalam kegiatan nasional ini nantinya dihadiri Komisioner KPU provinsi dan kabupaten/kota di tanah air. 

" Kita berharap launching Sigosi di Batam nantinya bisa tersampaikan ke masyarakat Kepri," pungkasnya. (Andri




Berita Terkait
Lihat Semua