Delapan Geranat Diledakkan Tim Gegana Polda Kepri
17 Oktober 2019
Tim Gegagana Polda Kepri saat akan meledakkan granat di Dompak, Tanjungpinang, Rabu (16/10). Delapan granat yang diledakkan tersebut ditemukan warga Tanjungunggat dan diduga merupakan peninggalan penjajahan Inggris dan Belanda. (Foto: Oma)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Tim Gegana Polda Kepulauan Riau, Rabu (16/10/2019), meledakkan delapan granat  jenis nanas dan manggis di samping waduk Pulau Dompak, Tanjungpinang.

Peledakan granat aktif ini dilakukan dengan cara dibelah dengan bahan peledak. Granat dimasukkan ke dalam lubang galian tanah sedalam satu meter, kemudian diledakkan dengan detonator dari radius 150 meter.

Kasat Sabhara Polres Tanjungpinang, AKP Darmin menjelaskan, granat tersebut diamankan oleh jajaran Polsek Kecamatan Bukit Bestari, setelah salah seorang warga di Kelurahan Tanjung Unggat menemukannya sekitar tahun 2018 lalu.

Bom tangan itu menurut Darmin rata-rata dibuat di Inggris pada tahun 1935 silam, kemungkinan besar merupakan sisa  peninggalan masa penjajahan Belanda dan Inggris. 

"Granat itu selama ini disimpan di gudang Polres Tanjungpinang. Baru hari ini kami musnahkan," ujarnya.

Ia mengimbau warga yang menemukan benda-benda sejenis, agar segera melaporkan kepada pihak yang berwajib.(Oma)





Berita Terkait
Lihat Semua