Ada KDRT, Lapor Saja ke Pojok Cinta
04 Oktober 2019
Ilustrasi. (Sumber: Int)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang sediakan wadah konsultasi dalam penyelesaian masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak. Wadah itu dinamakan "Pojok Cinta".

Kepala DP3APM Tanjungpinang Raja Khairani menjelaskan, Pojok bermakna wadah, sedangkan Cinta merupakan akronim Cermati, Identifikasi, Netral, Tanggal dan Aman. 

Menurutnya, didirikannya Pojok Cinta dilatarbelakangi keengganan warga untuk melaporkan adanya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), baik terhadap istri maupun anak. 

"Saat ini masyarakat tidak memiliki wadah untuk mengadu jika terjadi kekerasan dalam rumah tangga tersebut,  selain itu masih banyak masyarakat yang takut identitasnya terbuka," kata dia, Jumat (4/10/2019).

Diterapkannya Pojok Cinta disebut Raja Khairani disosialisasikan melalui  kecamatan, lurah, tim medis, pihak kepolisian, forum RT RW, Karang Taruna, dan PKK. 

Raja Khairani berharap Pojok Cinta dapat menjadi solusi atas kasus kekerasan dalam rumah tangga yang cenderung meningkat. 

"Saat ini pusat pelayanan terpadu Pemberdayaan perempuan dan anak (P2TP2A) yang beralamat di Jalan Ahmad Yani, Nomor 17, Km 5," Paparnya. 

Pada P2TP2A tersebut menyediakan pelayanan terpadu, yang meliputi pembimbing anak, pelayanan psikologis, bantuan hukum, serta rujukan medis, dan rumah aman. Layanan tidak dipungut biaya. (Andri





Berita Terkait
Lihat Semua