AKBP Iqbal Akan Tutup Keran Masuk Narkoba di Tanjungpinang
27 September 2019
Kapolres Tanjungpinang, AKBP H Muhammad Iqbal SH Sik Msi. (Foto: Andri Mediansyah)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG -  Kapolres Tanjungpinang yang baru dilantik, AKBP H Muhammad Iqbal SH Sik MSi, menegaskan jika dirinya akan konsen dalam pemberantasan narkoba, khususnya di Tanjungpinang.

Menurutnya, Tanjungpinang menjadi salah satu daerah yang masuk dalam pemetaan Mabes Polri sebagai kawasan transit narkoba internasional.

"Banyak jalur-jalur tikus, termasuk di Tanjungpinang, yang dijadikan sebagai pintu masuk narkoba. Di tempat ini akan diterapkan pengamanan berlapis agar tidak masuk narkoba dari luar," tegas Iqbal di sela upacara penyambutan dirinya dilaksanakan di Mapolres Tanjungpinang, Jumat (27/6/2019).

Memang bukan alasan Iqbal menjadikan pemberantasan narkoba sebagai salah satu konsen kinerjanya di Polres Tanjungpinang kedepan. Dirinya yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit 2 Subdit III Dittpidnarkoba Bareskrim Polri ini dinilai memahami permasalahan narkoba, khususnya di Kepulauan Riau.

Dia mengakui jabatan Kapolres Tanjungpinang yang kini diembannya merupakan hadiah dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian atas prestasinya mengungkap peredaran sabu-sabu seberat 1,6 ton di Batam 2018 lalu.

"Kepri (termasuk Tanjungpinang) dikelilingi lautan yang sangat luas yang memungkinkan sebagai pintu masuk narkoba. Mebes Polri telah melakukan maping (pemetaan) jalur-jalur tikus yang ada. Jalur-jalur inilah yang akan diperkuat pengamanannya sehingga narkoba tidak bisa masuk dari luar," paparnya lagi.

Iqbal yang kelahiran Inderamayu 21 September 1978 ini mengaku memiliki sejumlah program yang ditujukan kepada Satuan Narkoba untuk kemudian dilaksanakan.

Selain itu, dirinya juga akan konsen terhadap upaya pencegahan. Diantaranya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat.

"Karena level pengguna narkoba ini berbeda. Mulai dari awal, sedang hingga di tingkat paranoid. Makanya kedepan saya akan masuk ke mahasiswa, sekolah, dan organisasi masyarakat," tandasnya. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua