Sambut UKM Tanjungpinang Berbasis Digital
26 September 2019
Pelaku industri kecil menengah (IKM) di Dekranasda Kepri di Jalan Ir Sutami Tanjungpinang. FPEL Kota Tanjungpinang tengah melakukan pendataan pelaku UKM dan IKM yang salah satunya tujuannya adalah untuk menyiapkan UKM dan IKM di Tanjungpinang Berbasis digital. (Foto : Dokumen inilahkepri.com)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Forum Pengembangan Ekonomi Lokal (FPEL) Kota Tanjungpinang tengah melakukan pendataan UKM dan IKM sebagai bahan penelitian dan pengembangan Ekonomi Lokal di kota tersebut. 

Ketua Forum Pengembangan Ekonomi Lokal Kota Tanjungpinang, Sapril Sembiring menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat peran usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM). 

Menurutnya, pihaknya akan membuat pemetaan para pelaku usaha kecil menengah berdasarkan wilayah kecamatan dan kelurahan yang ada di Tanjungpinang. Sebagaimana diketahui, Tanjungpinang saat ini terdapat empat kecamatan dan 18 kelurahan. 

Selain itu, lanjut Sapril, pendataan ini juga akan dijadikan sebagai bahan untuk melakukan survei tentang sejauh mana para pelaku UKM memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya. 

"Ini sejalan dengan Program Tanjungpinang Smart City. Sebagai bahan untuk penyusunan roadmap pengembangan UKM 4.0 berbasis digital," ujar Sapril, Kamis (26/9/2019).

"Kedepan kita juga menginisiasi pasar UKM 4.0 berbasis digital. Dari survey ini kita akan melihat sejauh mana para pelaku UKM aware terhadap dunia internet," jelasnya lagi. 

Sapril berharap baik pelaku UKM maupun IKM di Tanjungpinang dapat bekerjasama dalam melakukan pendataan. 

Pemberian data dapat diakses melalui https://forms.gle/ehcYFsuBfyTyg3hQ7. (Andri





Berita Terkait
Lihat Semua