Kualitas Udara Kepri Masih Pada Kategori Sedang
14 September 2019
Ilustrasi. (Foto: Dokumen inilahkepri.com /Andri Mediansyah)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Pengujian dilakukan Dinas Kesehatan Kepri melalui Balai Teknik Kesehatan Lingkungan menujukkan kualitas udara di sebagian besar wilayah Kepulauan Riau masih dalam kategori sedang. 

Berdasarkan pengujian dilakukan di sejumlah titik di Tanjungpinang dan Batam mulai Jumat (13/9/2019), indeks kualitas udara di dua kota di Kepulauan Riau ini masih di bawah angka 100. Pengukuran dilakukan dengan parameter Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU). 

Mengacu pada parameter ISPU, kuitas udara pada angka 1-50 menunjukkan kualitas udara baik, 50-100 sedang, 101-199 tidak sehat, 200-299 sangat tidak sehat, 300-399 berbahaya dan di atas angka 400 sangat berbahaya. 

"Sampai hari ini indeks kualitas udara di Kepri masih dalam kategori sedang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana, Sabtu (14/9/2019) siang. 

Dari tabel hasil pengujian disampaikan Dinas Kesehatan Kepri, pengujian dilaksanakan di depan Kantor BTKLPP Kelas I Batam, Jumat (13/9/2019) pagi sempat memasuki kategori 101 (tidak sehat). Namun kualitas udara kembali pada kategori sedang pada siang harinya. 

"Sebenarnya jika dalam keadaan normal atau sedang seperti sekarang ini menggunakan masker, itu hak individu. Kapan saja dan di mana saja.  Pemerintah memberikan saran mengunakan masker adalah ketika kualitas udara pada level tidak sehat," papar Tjetjep.

Sebelumnya, BMKG Tanjungpinang menginformasikan adanya penurunan jarak pandang udara di sebagian besar Kepulauan Riau. Jarak pandang mengalami penurunan menjadi 5 kilometer dibanding awal pekan lalu.

Sebagaimana diketahui, langit di beberapa wilayah Kepri mulai dipenuhi kabut asap terlebih pada pagi dan sore hari. Menurut BMKG, kabut asap di sebagian besar wilayah Kepri merupakan asap kiriman dari Pulau Kalimantan. (Andri




Berita Terkait
Lihat Semua