Isdianto Pastikan Persiapan Pilkada Lancar
14 September 2019
Warga menggunakan hak pilih pada Pilpres 2019. Plt Gubernur Kepri, Isdianto memastikan persiapan pelaksanaan Pilkada Kepri lancar setelah dilaksanakannya penandatanganan NPHD antara Plt Gubernur Kepri dan KPU Kepri. (Foto: Dokumen inilahkepri.com)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Isdianto memastikan persiapan Pilkada tingkat Provinsi Kepri berjalan lancar. 

Di Tanjungpinang, Jumat (13/9/2019), Isdianto menyebut persiapan, baik dalam hal pengangaran maupun persiapan dipastikan berjalan setelah dilaksanakannya  penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Plt Gubernur dan KPU Provinsi Kepri. 

"Sebagian pada APBD Perubahan. Tidak terlalu banyak, hanya sosialisasi dan rapat-rapat saja," ungkap Isdianto.

Komisioner KPU Kepri Priyo Handoko mengatakan, dalam NPHD ditandatangani Plt Gubernur dan KPU Kepri, dana dianggarkan untuk Pilkada Kepri 2020 mendatang sebesar Rp76,5 miliar. 

"Apabila terdapat aturan maupun ketentuan terbaru dari pemerintah pusat terkait dengan pembiayaan Pilgub Kepri, maka akan kembali dilakukan pembahasan dan penyesuaian terhadap dana hibah daerah untuk pelaksanaan Pilgub," ungkapnya. 

Menurut Priyo, perubahan dimaksud yakni jika Pemerintah Pusat menetapkan kenaikan honor Badan Adhoc mulai PPK/PPS dan sekretariatnya, sampai KPPS yang bertugas di TPS. 

"Termasuk, anggaran santunan bagi badan adhoc. Untuk diketahui, sekitar 59 persen anggaran Pilgub ini merupakan honor Badan Adhoc," jelasnya. 

Priyo menuturkan honor badan adhoc se-Kepri dibiayai oleh Pemerintah Povinsi sesuai kesepakatan cost sharing antara provinsi dengan kabupaten/kota.

" Ada 270 daerah yang akan menggelar pemilihan serentak pada 2020. Alhamdulillah Kepri menjadi daerah pertama di Indonesia yang sukses menandatangani NPHD," tambahnya. (Andri





Berita Terkait
Lihat Semua