Penyidikan Kasus Bobby Dihentikan
13 September 2019
Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Efendri Ali. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Kepolisian Resor Tanjungpinang resmi menghentikan penyidikan perkara diskriminasi dan ras dengan tersangka Bobby Jayanto. 

Hal ini dibenarkan Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tanjungpinang AKP Efendri Ali, Jumat (13/9/2019). Menurutnya, Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP3) kasus ini telah diterbitkan. 

"Sudah gelar perkara Selasa (10/9/2019), dan keputusannya SP3," ujar Ali menjawab wartawan lewat pesan WhatsApp. 

Menurut Ali, penerbitan SP3 dalam kasus ini telah sesuai mekanisme dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Penghentian dia sebut  bukan untuk kepentingan Bobby Jayanto yang pada Senin lalu dilantik pada Senin (9/9/2019), namun untuk kepentingan yang lebih besar, yakni menghindari kegaduhan dan demi keamanan serta terciptanya kedamaian di tengah masyarakat.

Selain itu, lanjut Ali, dikeluarkannya SP3 itu setelah adanya kesepakatan dalam meditasi antara Bobby tersangka, pelapor, tokoh masyarakat dan tokoh adat dalam sebuah mediasi. 

"Penyidik mempunyai diskresi dan dapat menyelesaikan perkara dengan restrorative justice (keadilan restorasi)," ungkap Ali. (Andri




Berita Terkait
Lihat Semua