Puting Beliung Sapu 21 Rumah di Simpang Lagoi
12 September 2019
Selain merusak atap rumah milik warga, puting beliung yang menyapu kawasan Simpang Lagoi, Bintan, Kamis (12/9/2019) juga mengakibatkan perabot rumah tangga berserakan, menumbangkan tiang listrik dan pohon berukuran kecil. (Foto: ISTIMEWA)
INILAHKEPRI, BINTAN - Puting beliung datang tiba-tiba dan menyapu 21 rumah di Simpang Lagoi, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Teluk Sebong, Bintan, Kamis (12/9/2019) siang tadi. 

Angin puting beliung itu datang tak lama setelah hujan lebat mengguyur kawasan tersebut. 

"Saat kejadian berlangsung, rata-rata warga sedang di rumah. Mereka berhamburan keluar," kata Khairuddin, Lurah Kota Baru dihubungi Kamis sore. 

Dari pendataan yang dilakukan, lanjutnya, datangnya angin puting beliung yang terjadi relatif singkat itu mengakibatkan 21 unit rumah di Simpang Lagoi mengalami kerusakan. Tujuh diantaranya mengalami rusak parah. 

"Atap rumah terangkat semua. Sedangkan perabotan berserakan," jelas Khairuddin menjelaskan tujuh rumah warga yang mengalami rusak parah itu.

Selain merusak rumah warga, puting beliung juga merusak kedai-kedai di tepi jalan tak jauh dari pintu masuk menuju kawasan pariwisata Lagoi, dan dilaporkan menumbangkan tiang listrik serta sejumlah pohon berukuran kecil. 

"Tapi Alhamdulillah tak ada korban jiwa. Kami juga tidak menerima laporan adanya warga yang mengalami luka akibat tertimpa material bangunan atau benda lain," terang Khairuddin. 

Sampai sore ini, warga bersama perangkat kelurahan dibantu BPBD dan Dinas Sosial segera melakukan perbaikan atas bangunan milik warga yang rusak. 

"Bagi yang atap rumahnya belum bisa diperbaiki, kami menyarankan untuk sementara menginap di rumah tetangga," tambah Khairuddin. 

Perbaikan rumah warga dia sebut akan kembali dilakukan esok hari. (Andri





Berita Terkait
Lihat Semua