Belanjakan Uang Palsu, 2 Saudara Sepupu Ditangkap Polisi
05 September 2019
Kapolsek Tanjungpinang Barat Iptu Firuddin (kanan), menunjukkan lima lembar uang palsu yang disita dari dua saudara sepupu AZ dan AG, Kamis (5/9/2019).
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Unit Satuan Reskrim Polsek Tanjungpinang Barat, Polres Tanjungpinang tengah menangani kasus peredaran uang palsu. 

Sabtu (31/9/2019) dini hari lalu, petugas setempat menyita empat lembar uang pecahan Rp50 ribu yang dibelanjakan seorang pria berinisial AZ (20) di sebuah kedai yang ada di Jalan Agus Salim, Tanjungpinang. 

"Dia belanja makanan ringan dan rokok. Setelah digeledah, di dompetnya ditemukan empat lembar lagi," kata Kapolsek Tanjungpinang Barat, Iptu Firuddin, Kamis (5/9/2019).

Setelah diintrograsi, AZ mengaku uang palsu itu diperoleh dari saudara sepupunya AG (26). 

Pengakuan AG di kantor polisi, uang palsu itu didapat dari kenalannya berinisial IF sehari sebelumnya. 

"Dia (IF) bayar utang. Saya tak tau kalau itu uang palsu. Setelah terima, uang itu langsung saya kasih ke adik saya (AZ) untuk bayar uang kost," katanya. 

Tapi oleh AZ, uang itu justru dibelanjakan. 

"Saya memang sudah curiga," katanya. 

Atas perbuatannya, kedua saudara sepupu ini kini mendekam di sel Mapolsek Tanjungpinang Barat. Keduanya dijerat pasal 26 ayat 2 dan 3 juncto pasal 36 ayat 2 dan 3 UU RI nomor 7/2011 tentang mata uang dan terancam kurungan paling lama 10 tahun atau denda paling banyak Rp10 miliar. 

Polisi, sebagaimana disampaikan Iptu Firuddin kini tengah memburu IF. 

"Kami sudah menerbitkan daftar pencarian orang (DPO). Dia (IF) itu warga Tanjungpinang juga," tandasnya. (Andri





Berita Terkait
Lihat Semua