Peringati Hari Pelanggan Nasional, BPJS Ketenagakerjaan Hadirkan Nuansa Kafe Dalam Pelayanan Publik
04 September 2019
Peringati Hari Pelanggan Nasional, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sekupang Batam hadirkan nuansa kafe dalam pelayanan publik. (Foto: Adi)
INILAHKEPRI, BATAM - Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional 4 September 2019 semua perusahaan baik swasta maupun lembaga pelayanan publik milik pemerintah berlomba- lomba memberikan inovasi dalam memberikan layanan spesial kepada masyarakat. Demikian BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sekupang Batam yang memberikan nuansa berbeda dalam memberikan pelayanannya hingga 2 hari kedepan.

Bila biasanya suasana kantor pelayanan identik dengan suasana kantoran yang formal dan berisi petugas yang berpakaian seragam institusi, maka kali ini tidak demikian.

Suasana ruang pelayanan kantor yang beralamat di Komp. Pertokoan Tiban Impian Blok A1, No. 1-3 didesain dengan nuansa cozy dan kekinian yang mengingatkan kita seperti café- cafe yang digandrungi anak muda.

Tulisan-tulisan yang berisi kutipan-kutipan lucu dan inspiratif di setiap bagian dinding dan penampilan live band performance di sudut ruangan semakin memperkuat kesan milenial sehingga membuat ruangan layanan BPJS Ketenagakerjaan ini tak kalah elegan dengan cafe-cafe modern tempat tongkrongan yang sedang trend. 

Tak hanya itu, Anda juga akan melihat para petugas BPJS Ketenagakerjaan berpakaian ala barista dan waiters. Para peserta yang datang akan langsung diarahkan duduk dan disuguhi menu oleh petugas Waiters.

Tapi jangan salah sangka dulu, menu yang ditawarkan adalah menu klaim ataub layanan program yang akan diajukan oleh peserta, yakni Klaim JHT (Jaminan Hari Tua), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Pensiun (JP) dan Informasi.

Selanjutnya waiters akan mengantarkan berkas klaim kepada petugas yang berpakaian Barista untuk segera di proses.

Petugas berpakaian Barista inilah yang melakukan proses verifikasi data dan ‘mengeksekusi’ berkas klaim. Selama proses berlangsung, peserta bisa menikmati hidangan yang tersaji di atas meja sambil menikmati penampilan live music yang ada di dalam ruangan. 

Suasana layanan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ala kafe ini terbilang cukup unik. Peserta sangat dimanjakan dimana mereka hanya tinggal duduk manis di tempat, diberikan waktu untuk bersantai menikmati musik dan wifi serta menikmati hidangan, tau- tau berkas sudah selesai di proses. Apabila bersedia, peserta pun diperkenankan jika ingin menyanyikan lagu diiringi live band.

Jefri Iswanto selaku kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Batam Sekupang mengatakan di hari pelanggan ini pihaknya mencoba menyajikan suasana dan sentuhan yang berbeda kepada peserta.

“Kami menamakan ruangan ini CAFÉ SERU, yakni singkatan dari tema Hari Pelanggan Nasional dari kantor pusat tahun ini yakni Senyum Ramah Untukmu. Jadi hari ini kami ingin memberikan pelayanan yang tidak hanya unik dan beda dari biasanya tetapi juga mampu menanamkan kesan yang mendalam di hati peserta." kata Jefri, Rabu (4/9/2019).

Jefri melanjutkan, khusus di hari pelanggan ini, selain mendapatkan layanan ekstra ala cafe, para peserta juga akan mendapatkan suguhan makanan dan minuman serta souvenir dari BPJS Ketenagakerjaan.

Dan ada tambahan hadiah lagi bagi mereka yang kebetulan berulang tahun pada minggu ini.

Tak hanya itu pula kata Jefri menambahkan, bukan hanya mereka yg datang ke kantor saja yg mendapatkan pelayanan istimewa pada hari pelanggan ini.

Karena dirinya beserta pejabat struktural lainnya juga memberi perhatian khusus kepada peserta yang saat ini mengalami musibah kecelakaan kerja dan sedang dirawat, dengan cara mengunjungi mereka di rumah sakit.

“Karena bagi kami peserta adalah asset yang sangat berharga, maka kami ingin di hari pelanggan nasional ini mereka merasa diperlakukan dengan sangat spesial dan istimewa," pungkasnya. (adi)




Berita Terkait
Lihat Semua