Sopir Bus Sekolah di Lingkaran Jaringan Narkoba Internasional
04 September 2019
SY dan ZH (Kiri dan kanan) di Mapolres Bintan, Rabu (4/9/2019). Keduanya yang diketahui bekerja sebagai sopir bus sekolah di Bintan ini diamankan bersama JF. Total sabu sabu diamankan Polres Bintan dari tangan mereka, 30 Agustus 2019 lalu sebanyak 118 kilogram. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Dua dari tiga tersangka jaringan narkoba internasional yang dibekuk jajaran Polres Bintan saat akan mengedarkan sedikitnya 118 kilogram sabu sabu  30 Agustus 2019 lalu diketahui merupakan sopir bus mengangkut pelajar di Kabupaten Bintan. 

Mereka adalah SY (38) dan ZH (36).  Keduanya warga Tanjungpinang. Informasi diperoleh, keduanya bekerja di sebuah perusahaan swasta mengkut pelajar. 

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang menjelaskan, SY dan ZH bertugas mengangkut sabu sabu itu ketika berhasil diselundupkan ke Senggiling, Bintan menuju tempat penyimpanan  di Jalan Antasari Gang Riang RT 001 RW 003 Kelurahan Kota Baru Kecamatan Teluk Sebong, Kecamatan Bintan Utara, dna kemudian akan dibawa ke Pelabuhan Dompak untuk kemudian didistribusikan ke Jawa dan Sumatera. 

"Kami sempat khawatir mereka menjual sabu sabu ke pelajar yang mereka angkut. Tapi setelah diintrograsi, syukurnya tidak ada," ujar Boy. 

Berdasar pengakuan SY dan ZH, termasuk JF (tersangka lainnya), atas "kerja" itu mereka dijanjikan upah Rp50 juta dibagi tiga. 

Aksi Keenam 

Kapala Bidang Humas Polda Kepri, Kombes Pol  Erlangga menambahkan, JF, SY dan ZH yang diamankan jajaran Polres Bintan ini merupakan jaringan narkoba internasional yang juga memiliki jaringan hingga Sumatera dan Jawa. 

Ketiga tersangka, bersama orang-orang yang kini masih dalam penyelidikan, diketahui telah enam kali menyelundupkan sabu sabu dari Malaysia dan kemudian mensuplai ke Jawa dan Sumatera. 

"Ini (118 kilogram) yang terbesar," ujar Erlangga. 

Kapolres menambahkan, dalam lima aksi sebelumnya, sabu sabu yang diselundupkan rata rata antara 40 hingga 60 kilogram. (Andri




Berita Terkait
Lihat Semua