Dari Rp 12,5 Triliun Kekayaan Boss Narkoba Adam, Rp28, 3 M Berada di Batam
30 Agustus 2019
M Adam dihadirkan dalam konferensi pers digelar BNN di Batam, Jumat (30/8/2019). (Foto: Adi)
INILAHKEPRI, BATAM - Direktur Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Brigjen Pol Bahagia Dachi mengatakan, dari Rp12, 5 triliun kekayaan dimiliki boss narkoba Adam, Rp28, 3 miliar aset yang dia miliki diantaranya berada di Batam.

Total kekayaan Adam yang merupakan nara pidana Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cilegon yang sempat divonis mati namun dianulir MA menjadi 20 tahun ini disebut merupakan hasil dari bisnis haram yang dia jalani sejak tahun 2000.

Adapun aset Adam mencapai Rp 28,3 miliar di Kota Batam terdiri dari 19 unit mobil, 8 unit kapal, 2 unit rumah mewah, 1 unit ruko, 1 bidang tanah seluas 144 m2, 3 batang emas seberat ± 2.817 gram beserta berbagai perhiasan dan uang tunai rupiah dana dolar Singapura senilai Rp945 juta.

Tidak saja di Batam, Kepri, di Riau aset tersangka Adam juga terbilang banyak dan menyebar keseluruh kabupaten yang ada di Riau mulai dari rumah, mobil mewah, tanah, hingga perhiasan.

Belum yang di Jakarta dan aliran uang yang menyebar sampai ke 14 negara.

"Kami menaksir total kekayaan si bandar besar tersebut mencapai Rp 12 triliun dan itu diperoleh M Adam melalui bisnis narkotika," kata Dachi, Jumat (30/8/2019).

Untuk mengelabui BNN, uang-uang dari hasil bisnis narkotika ini kemudian dijadikan modal usaha dirinya, mulai dari showroom mobil, travel dan usaha transportasi laut.

Menurut Dachi ini semua hanyalah kedok atau kamuflase tersangka Adam agar tidak diketahui bisnis sebenarnya yang merupakan bisnis narkotika. (Adi)




Berita Terkait
Lihat Semua