30,8 Kilogram Sabu di Dalam Drum Oli Asal Malaysia Diamankan Polisi
26 Agustus 2019
Sabu-sabu seberat 30,8 kilogram diamankan Ditpolairud dan Ditresnarkoba Polda Kepri. Sabu-sabu ini diselundupkan ke Indonesia melalui Batam dengan cara disimpan di dalam drum bekas oli dan dikemas menggunakan bungkus teh Cina. (Foto: Adi)
INILAHKEPRI, BATAM - Ditpolairud dan Ditresnarkoba Polda Kepri berhasil menggagalkan aksi penyelundupan sabu sebanyak 30,8 kilogram asal Malaysia ke Indonesia melalui Batam, Kepulauan Riau.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Erlangga mengatakan selain mengamankan sabu puluhan kilo, pihaknya juga mengamankan 4 tersangka, yakni Indra Syaril, Suryanto, Petrus Dona serta Nasrul.

"Keempatnya memiliki peran masing-masing," kata Erlangga.

Dijelaskannya, terungkapnya kasus ini berawal saat kecurigaan kapal patroli Ditpolairud Polda Kepri. Setelah dilakukan penggeledahan, akhirnya personel berhasil mengamankan sabu puluhan kilo yang disimpan di dalam drum bekas oli.

"Sabu-sabu tersebut terlebih dahulu dikemas rapi menggunakan bungkusan teh china," ungkapnya.

Sabu ini diambil di perairan Rengit Malaysia dan kemudian dimasukan ke Batam melalui pelabuhan tak resmi di kawasan Bengkong.

"Setelah tiba di Bengkong, baru disimpan di sebuah gudang yang berada di kawasan pertokoan Botania, Batam Centre," jelasnya.

Selain sabu, Erlangga mengaku pihaknya juga mebgamankan sejumlah barang bukti berupa ember berisikan oli, speed boat yang dipergunajan dan mobil 2 unit.

"Para tersangka dijerat Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman pidana mati," pungkas Erlangga. (Adi)





Berita Terkait
Lihat Semua