150 Ibu di Tanjungpinang Menyusui Serentak
25 Agustus 2019
Peringatan Pekan Menyusui Sedunia dilaksanakan Pemerintah Kota Tanjungpinang di Laman Boenda, Tepi Laut Tanjungpinang, Minggu (25/8/2019). Sebanyak 150 ibu-ibu memiliki anak balita menyusui serentak sebagai bentuk kampanye wajib Pemberian ASI bagi anak-anak hingga usia emas. (Foto: Oma)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sebanyak 150 ibu-ibu memiliki anak berusia di bawah lima tahun menyusui serentak di Kawasan Laman Boenda, Tepi Laut, Tanjungpinang, Minggu (25/8/2019).

Aktivitas ini dilaksanakan para ibu-ibu ini sempena peringatan Pekan Menyusui Sedunia dilaksanakan Pemerintah Kota Tanjungpinang. 

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana menjelaskan, kegiatan ini bertujuan  untuk mengedukasi serta meningkatkan pemahaman ibu-ibu tentang menyusui, bahwa memberikan air susu ibu ekslusif (ASI) - tidak dicampur makanan tambahan - kepada anaknya selama 240 hari sejak anak dilahirkan adalah wajib dilakukan. 

Bayi belum bisa mencerna makanan. Kecuali ASI, nakanan bisa merusak pencernaan bayi. Makanan juga tidak bisa melindungi daya tahan tubuh bayi dari berbagai penyakit.

"ASI merupakan zat yang dikaruniai oleh Allah untuk menjaga kekebalan tubuh bayi dari sebarang penyakit," ujar Tjetjep. 

Ia juga menegaskan pentingnya program menyusui terhadap anak berusia seribu hari (sekitar 3 tahun) mengingat merupakan usia emas anak, yang berpengaruh penting menciptakan generasi yang sehat dan cerdas. 

" ASI adalah pendorong sel-sel otak, sehingga apabila ada ibu yang tidak memberikan ASI kepada anaknya maka rongga otaknya banyak kosong, tidak dipenuhi saraf-saraf yang seharusnya," papar Tjetjep. 

Ia berharap Pekan Menyusui Sedunia dapat menjadi sarana penyebaran informasi tentang menyusui semakin meluas dan menyentuh ke seluruh elemen masyarakat di Kepulauan Riau, terutama ibu-ibu.


"Harapan saya, kalau bisa ke depan peserta jangan dibatasi, mencapai ribuan lebih bagus. Sebab, informasi menyusui ini sangat penting bagi ibu rumah tangga," pungkasnya. (Oma




Berita Terkait
Lihat Semua