2 Hektar Sampah di TPA Batam Terbakar
16 Agustus 2019
Petugas pemadam kebakaran dan personel kepolisian, dan petugas di TPA Telaga Punggur berupaya memadamkan api yang melahap tumpukan sampah sejak Kamis (15/8/2019) malam. Setidaknya api melahap tumpukan sampah seluas 2 hektar. (Foto: Adi)
INILAHKEPRI, BATAM - Setidaknya 2 hektar sampah di lahan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Telaga Punggur, Batam, terbakar.

Api mulai melahap sampah mulai Kamis (15/8/2019) dan kembali membesar pada Jumat (16/8/2019) sekitar pukul 05.30 WIB.

Petugas pemadan beserta personel Polsek Nongsa baru berhasil memadamkan api sekitar pukul 08.10 WIB pagi.

Belum diketahui secara pasti asal api. Kapolsek Nongsa Kompol Albert Perwira Sihite menegaskan jika pihaknya sedang melakukan penyelidikan.

Menurut Albert, terbakarnya sampah di TPA Telaga Punggur diketahui terjadi sekitar puku 19.45 WIB. Kebakaran mulanya diketahui salah seorang petugas TPA bernama Ridwan. 

Ia coba memadamkan, namun api semakin membesar kendati telah disiram. 

"Karena tidak berhasil memadamkan api, petugas lainnya langsung berkoordinasi dengan pemadam," kata Albert, Jumat siang.

Malam itu, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 02.00. Tapi tanpa diduga, api kembali membesar sekitar pukul 05.30. 

Untuk memastikan api benar-benar padam, Direktorat Samapta Polda Kepri menurunkan mobil water canon. Mobil terus melakukan penyiraman untuk menghindari api menyala kembali.

Dari keterangan yang diperoleh, terang Albert, terbakarnya sampah di TPA Telaga Punggur kerap terjadi saat musim panas. Kota Batam yang tidak diguyur huja dalam kurun waktu beberapa bulan belakangan dijelaskan Albert sangat memungkinkan jika tidak ada faktor kesengajaan dalam peristiwa ini.

"Kondisi sampah yang sudah sangat kering sangat mudah terbakar ketika ada percikan api," sebutnya.

Tidak ada korban dalam kejadian ini. Lokasi tempat sampah terbakar cukup jauh dari pemukiman warga sekitar. (Adi)




Berita Terkait
Lihat Semua