Ratusan Pengungsi Berunjukrasa di Kantor IOM Tanjungpinang
05 Agustus 2019
Para pengungsi dari berbagai negara yang ditempatkan di Hotel Badra, Kawal, Bintan membentangkan poster dalam unjukrasa di depan Kantor IOM Tanjungpinang. Mereka menuntut segera ditempatkan di negara ketiga. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Ratusan pengungsi dari berbagai negara berunjukrasa di depan Kantor International Organization for Migration (IOM) Tanjungpinang, Selasa (5/8/2019)  pagi. 

Pengungsi yang berunjukrasa ini adalah mereka yang ditampung  di Hotel Badra Resort, Kawal, Bintan. Mereka menuntut segera ditempatkan di negara ketiga (Australia, Amerika Serikat dan Kanada). 

"Kami di sini (Indonesia) sudah tujuh tahun. Kami minta kejelasan. Kemana negara-negara menjanjikan akan menempatkan kami. Kami ingin hidup seperti orang-orang lainnya," kata Al Zubaer Pasha, pengungsi asal Sudan. 

Para pengungsi yang berunjukrasa membentangkan poster berisi tuntutan yang ditujukan kepada UNHCR dan IOM.  

Para pengungsi ini mengaku sangat respek dengan perlakuan Indonesia. 

"Kami menghormati hukum dan perlakuan Indonesia kepada kami. Kami menghormati orang-orang Indonesia yang telah bersikap baik kepada kami. Tapi kami juga ingin dengan keadilan. Kami lelah dengan tidak adanya kepastian," papar pengunjukrasa lainnya. 

Unjukrasa berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Para pengungsi kembali ke Hotel Badra menggunakan transportasi yang mereka sewa. (Andri





Berita Terkait
Lihat Semua