Restoran Hotel Wajib Bersertifikasi Halal
05 Agustus 2019
Pelayanan di restoran di salah satu hotel di Bintan. (Foto: Dokumen inilahkepri.com)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Kementerian Agama Republik Indonesia mensaratkan setiap hotel-hotel di Provinsi Kepri diwajibkan memiliki sertifikasi halal.

Kepala Sub Bidang Pengawasan Produk dan Jasa Halal Kementerian Agama Republik Indonesia Bukhori Muslim saat melakukan survei restoran hotel di Tanjungpinang belum lama ini mengatakan, keberadaan hotel bersertifikasi halal ini sangat dibutuhkan, terlebih bagi masyarakat yang merupakan tamu hotel untuk menyantap hidangan di restoran hotel.

"Di Tanjungpinang kami sudah melakukan survei dan mensosialisasikannya," kata Bukhori Muslim, Jumat (2/8/2019).

Dua hotel yang disurvei yakni Hotel CK dan Hotel Aston. Menurut Bukhori, di dua hotel ini sudah memiliki sertifikat halal dan telah menyajikan makanan yang halal pula.

"Kegiatan yang sama (survei) juga akan kami lakukan di semua hotel di Provinsi Kepri," katanya.

Kementrian Agama disebut Bukhori berharap semua hotel di Kepri telah bersertifikasi halal pada Oktober 2019 mendatang. Halal dia katakan tidak hanya menyangkut makanan, tetapi termasuk pula pelayanan sebagaimana diatur dalam undang-undang.

Jika ada hotel yang menyediakan makanan non halal, lanjut dia, makahotel tersebut diwajibkan menyediakan dapur dan restoran khusus. Demikian pula koki dan peralatan yang digunakan. 

"Jadi dua restoran. Kokinya berbeda, alat masak dan alat makan yang berbeda pula untuk menjamin kehalalannya," tegas Bukhori. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua