Andi Menggendong Bacah dari Lantai 10 Hotel
03 Agustus 2019
Andi Amrullah (dua dari kiri) ditenangkan usai menyelamatkan ibu dan dua anaknya dari lantai 20 Hotel The Margo, Depok, dalam gempa 6,9 magnitudo yang mengguncang Banten, Jumat (2/8/2019). (Foto: Istimewa)
Di antara gempa 6,9 magnitudo yang mengguncang Banten, Jumat (2/8/2019) sekitar pukul 19.03 waktu setempat, Andi Amrullah, pejabat eselon 4 di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri, menggendong seorang bocah menuruni tangga darurat. Dia kemudian menangis setiba di luar. "Saya ingat anak saya," katanya. 

Pewarta : Andri Mediansyah

Jumat (2/8/2019) petang itu Andi baru saja menghempas tubuhnya di kasur kamar 1004 di lantai 10 Hotel The Margo Depok. Bimbingan Teknis Direktorat Media Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dia ikuti cukup menguras tenaga. Dia sudah mengenakan pakaian santai, ingin beristirahat sejenak untuk kemudian salat Magrib. 

Tapi tiba-tiba hal aneh terjadi. Guncangan. Kasur, serta berbagai perabot di dalam kamar berderak. 

"Makin lama makin kuat. Ayunannya kuat sekali," ujar Andi menceritakan apa yang dia alami kepada Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik  Iskandar Zulkarnaen, atasannya di Diskominfo Kepri, Sabtu (3/8/2019) pagi. 

Andi, Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo Kepri ini sadar itu gempa bumi. Tak pikir panjang, dia langsung keluar kamar. 

Dia menghentikan langkah ketika di lorong hotel mendapati seorang ibu membawa dua anak. Wajah sang ibu kebingungan. Sementara dua anaknya kuyup tak mengenakan sehelai baju. Saat gempa berlangsung, sang ibu sedang memandikan dua anaknya itu. 

Tanpa pikir panjang, Andi segera menggendong salah satu bocah dan segera mengajak sang ibu menuruni tangga darurat yang telah disesaki penghuni hotel lainnya. 

"Guncangan masih sangat kuat ketika kami turun tangga. Saya ingat anak saya," kata Andi menceritakan. 

Anak tangga demi anak tangga mereka susuri. Andi yang mengenakan kacamata minus 6 itu yakin mereka akan selamat. 

"Alhamdulillah kami akhirnya bisa sampai ke bawah dan berhasil dievakuasi keluar gedung," kata Andi. 

Di luar gedung hotel, Andi menangis. Dia merasa shock luar biasa membayangkan apa yang baru saja dia alami. 

Di luar hotel, ratusan tamu hotel berkerumun. Tak ada kerusakan berarti dialami Hotel The Margo kecuali menyisakan kepanikan dan tangisan. 

"Saya tidak kenal ibu dan dua anaknya. Sampai sekarang saya tidak tahu nama mereka," tutup Andi. (*




Berita Terkait
Lihat Semua