Pemkab Bintan Jadikan Batik Padi Sebagai Ikon
02 Agustus 2019
Bupati dan Wakil Bupati Bintan beserta istri bersama peserta fashion show memperkenalkan hasil kreasi batik emas pada peluncuran batik ini di Gedung LAM, Bintan di Kota Kijang, Kamis (1/8/2019). (Foto: IST/Media Center Bintan)
INILAHKEPRI, BINTAN - Pemerintah Kabupaten Bintan, menjadikan Batik Padi Mas sebagai ikon daerah itu.

Bupati Bintan Apri Sujadi, di Bintan, Kamis (1/8), mengatakan, baju Batik Padi Mas akan digunakan sebagai baju wajib yang dikenakan setiap Kamis.

"Nanti seluruh staf di Pemkab Bintan, termasuk saya menggunakan baju Batik Padi Mas. Ini jadi ikon Bintan yang dikembangkan pemerintah," ujar Apri sebagaimana dikutip dari kepriprov.go.id, Jumat.

Selain staf pemerintahan, baju batik itu juga akan diberikan kepada siswa SD-SMP. Baju ini akan dipakai di sekolah.

"Ikon Bintan itu diperkenalkan sejak dini," katanya.

Bupati Apri Sujadi didampingi Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam dan Ketua Dekranasda Bintan Deby Maryanti meluncurkan Batik Padi Mas sebagai ikon Bintan, kemarin.

"Jadi kalau ke Bintan ingat batik ini," katanya. 

Menurut Apri, dipilihnya Padi Emas sebagai batik Kabupaten Bintan atas dasar sejarah budaya yang panjang yang telah melegenda. Batik Padi Emas mengandung makna sebagai lambang kebesaran Kabupaten Bintan. 

Dia berharap Batik Emas dikenal bahkan di taraf Internasional.

Semua itu bisa dijadikan Peluang dan bagaimana bisa mengemas nilai budaya dan nilai seni menjadi daya tarik tersendiri," ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Bintan disebut Apri akan terus mendorong upaya menjadikan Batik Emas sebagai kebangaan dan bisa mendorong perekonomian di Kepri.

"Tentunya dibutuhkan inovasi dan kerjasama yang baik agar Kabupaten Bintan bisa di kenal baik potensi pariwisata, kuliner, kerajinan tangan dan batik Padi Emas. Diharapkan para pengusaha, pihak Swasta dapat bersinergi dan mampu mengambil peluang agar maju dan berkembang," paparnya.

Batik Padi Emas ini diperkenalkan melalui peluncuran dilaksanakan di Gedung LAM, Kota Kijang, Bintan, Kamis (1/8/2019). Sejumlah model memperagakan sejumlah hasil kreasi Batik Emas. Kegiatan juga disemarakkan dengan fashion show anak-anak berusia 6-12 tahun. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua