Syahrul Dukung Sayembara Lapor ASN Ngopi Dapat Pulsa
31 Juli 2019
Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul Spd. (Foto: Dokumen inilahkepri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, mendukung sayembara lapor ASN "ngopi" saat jam kerja dapat hadiah pulsa yang dilontarkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Penanggulangan Kebakaran, Hantoni. Menurut Syahrul, itu merupakan sebuah inovasi dalam upaya penegakan disiplin ASN di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

"Pegawai, ASN itu punya kode etik, punya aturan, masuk jam sekian, keluar jam sekian. Tak boleh melanggar itu. Kita Pemerintah menegakkan aturan yang ada di ASN itu. Bukan melarang ngopi atau segala macam," ujar Syahrul ditemui di Senggarang, Rabu (31/7/2019). 

Soal munculnya polemik di tengah masyarakat terkait sayembara tersebut, Syahrul menyatakan jika masyarakat bisa memaklumi upaya yang dilakukan Pemko Tanjungpinang dalam upaya meneggakkan displin pegawai.

"Kalau soal imbauan, saya tetap mengimbau dalam setiap rapat, termasuk rapat koordinasi mingguan. Tapi kita kan tidak bisa mengawasi setiap hari. Kita punya punya bertumpuk-tumpuk pekerjaan. Oleh sebab itu saya minta ASN punya kesadaran," papar Syahrul lagi.

Terlepas dari bertampak atau tidaknya terhadap kunjungan di kedai kopi, Syahrul menegaskan jika upaya yang pihaknya lakukan adalah demi menegakkan aturan yang ada, bahwa setiap ASN diikat oleh kode etik.

Disinggung pulsa yang dijanjikan Kasatpol PP kepada warga yang memberikan laporan kepada pihaknya soal ASN yang ngopi atau makan saat jam kerja, Syahrul menegaskan hal itu adalah sebuah bentuk inovasi.

"Itu memang tidak ada dalam aturan. Itu inovasi dari Kasatpol PP saja. Boleh-boleh saja. Efektif atau tidak, kita pun belum tahu. Soal dananya dari mana, kan bisa saja dari koceknya (Kasatpol PP). Yang jelas ini tidak melanggar aturan," tegas Syahrul lagi.

Sebagaimana diketahui, melalui Hantoni, sebagaimana dimuat di surat kabar di Kepulauan Riau mengeluarkan pernyataan akan memberikan hadiah pulsa kepada warga yang memberikan laporan adanya ASN yang ngopi atau makan saat jam kerja kepada pihaknya.

"Kirim saja foto atau gambar ASN Pemko Tanjungpinang yang sedang ngopi ke nomor 08117711950," kata Hantoni seperti dimuat media cetak dimaksud. Warga yang mengirimkan foto sekaligus mengirimkan alamat lengkap ASN tersebut ngopi akan diberi imbalan pulsa. (Andri)  




Berita Terkait
Lihat Semua