Total Korban Kebakaran KMP Sembilang 12 Orang
31 Juli 2019
Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang melahap Kapal Roro KMP Sembilang yang dilalap api, Rabu (31/7/2019) sekitar pukul 09.30 WIB pagi tadi. (Foto: Basarnas Tanjungpinang)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Data disampaikan  Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK-Tagana) Kepulauan Riau, jumlah korban kebakaran KMP Sembilang di Galangan Kapal milik PT Karimun Marine Shipyard (KMS) di Desa Pangke, Kecamatan Meral, Kabupaten, Karimun, Rabu (31/7/2019) sekitar pukul 09.30 WIB pagi tadi berjumlah 12 orang. 

Dua belas korban yang terdata itu terdiri dari 10 orang mengalami luka berat dan 3 orang meninggal dunia. 

Adapun korban meninggal diketahui bernama Mudai dan Hendrik dan Surja. 

Ketua FK Tagana Kepri, Muhammad Tegar Balawangak menjelaskan, Mudai dan Hendrik adalah korban yang ditemukan di dalam Kapal. Keduanya merupakan karyawan ASDP. Sedangkan Surja adalah korban yang meninggal setelah mendapat perawatan di Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Karimun.

Informasi disampaikan Kantor SAR Tanjungpinang, sebelumnya, pukul 08.00 Wib Subcon PT. Niko Indah Perkasa (NIP) Kapal sedang melakukan aktivitas perbaikan KMP Sembilang yang sedang docking di PT. KMS dan beberapa Subocon lain. PT. NIP belerja di KMP. Sembilang khusus bagian Repair Kapal.


Pukul 09.35 WIB, saat pekerja PT NIP sedang melakukan pemotongan materil besi di bagian Dek depan / haluan kapal dengan menggunakan las acetelin (tabung gas) untuk pemotongan  materil jenis besi.

Saat pemotongan, diduga percikan api dari Cuting (pemotongan) mengenai/jatuh ke gudang material jenis Cat, tiner dan lain-lain yang mengakibatkan terjadi ledakan dan kebakaran.

Selanjutnya api menjalar ke seluruh bagian lantai 1, 2 dan 3 (anjungan).


Sekitar pukul 12.30  mobil pemadam kebakaran, terdiri dari Mobil PMK Pemkab Karimun 3 unit, PT MOS 1 unit, PT Saepem 2 unit, dan Lori Warga 2 unit berhasil memadamkan api.  Namun asap kecil masih keluar dari dalam badan kapal. (Andri




Berita Terkait
Lihat Semua