Seribu Hewan Kurban Telah Diperiksa Balai Karantina Pertanian
30 Juli 2019
Pemeriksaan hewan dilakukan Balai Karantina Pertanian, Tanjungpinang. Hingga Selasa (30/7/2019) setidaknya sudah ada seribu hewan (sapi dan kambing) telah diperiksa pada musim kurban tahun ini. (Foto: IST)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Balai Karantina Pertanian (Barantan) Kelas II Tanjungpinang, Selasa (30/7/2019), melakukan pemeriksan hewan kurban yang ada di Tanjungpinang.

Medik Veteriner Barantan Tanjungpinang, drh Da'inurritus Imrianingrum menjelaskan, pemeriksaan merupakan kegiatan rutin terhadap sapi atau kambing yang masuk ke Tanjungpinang. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan Bruselosis (pengecekan darah) dan parasit melalui kotoran hewan.

"Pemeriksaan kami lakukan ketika  sapi dan kambing datang ke Tanjungpinang," ujar Ningrum.

Har ini, ada enam kandang yang dilakukan pemeriksaan. Salah satunya  di Kandang Parholong  Kampung Sidomulyo jalan Kapodang II nomor 1 Tanjungpinang. 

Ningrum menyebut, setidaknya sudah ada seribu hewan (sapi dan kambing) yang diperiksa mendekati Hari Raya Idul Adha tahun ini. Sejauh ini, tidak ada temuan penyakit pada hewan yang diperiksa.

Menurutnya, kebanyakan hewan yang masuk ke Tanjungpinang didatangkan dari beberapa provinsi di tanah air. Diantaranya lampung, Sumatera Barat dan Jambi. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua