Bawaslu Tanjungpinang Gelar Media Gathering, Media Dianggap Memiliki Peran Penting Menangkal Hoaks dalam Pelaksanaan Pemilu
29 Juli 2019
Media Gathering digelas KPU Tanjungpinang di Kafe Cisangkuy, Tanjungpinang, Senin (29/7/2019). (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Media diakui Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhammad Zaini memiliki peran besar membentuk opini masyarakat dalam menangkal berita hoks pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu).

Hal ini disampaikan Zaini saat menggelar Media Gathering dalam rangka evaluasi pengawasan Pemilu 2019 di Kafe Cisangkuy, Tanjungpinang, Senin (29/7/2019). 

"Media menjadi tangkal berita hoaks yang banyak menyebar selama pelaksanaan Pemilu 2019 berlangsung," katanya.

Zaini juga mengatakan media memiliki peranan penting dalam mengawal Pemilu yang demokratis. 

"Pesan yang disampaikan melalui media berperan sebagai edukasi untuk masyarakat," tambahnya.

Dia mencontohkan tahapan Pemilu serta persoalan terkait pelaksanaan Pemilu yang dapat diketahui masyarakat melalui media.

Senada disampaikan Zaini, Komisioner Bawaslu Kepri Rosnawati menyebutkan media memiliki peran dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu, karena media memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

"Kita ketahui bahwa banyaknya berita hoaks banyak sekali, tetapi karena adanya media bisa menggiring mana berita yang hoak dan mana berita yang tidak hoaks," katanya. 

Rosnawati berharap media tetap bisa memberikan informasi yang berimbang, serta tetap menyerukan fakta kepada masyarakat, sehingga masyarakat paham bagaimana berpolitik yang seharusnya.

Selain berdiskusi, kegiatan yang dihadiri perwakilan dari media cetak, daring (online) dan ekeltronik yang ada di Tanjungpinang ini disejalakan dengan peluncuran buku  500 pantun Pemilu. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua