Tabrak Karang Setelah Dihantam Ombak, Kapal Muat Sayur Tenggelam di Perairan Kenipan
28 Juli 2019
Nelayan Pulau Kenipan, Tanjungbalai Karimun berupaya mengevakuasi awak Kapal Tenggiri 4 yang tenggelam usai menambrak batu karang di sekitar perairan pulau tersebut, Minggu (28/7/2019). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. (Foto: Istimewa)
INILAHKEPRI, KARIMUN - Kapal Tenggiri 4, kapal memuat 29 kotak sayuran, tenggelam setelah menabrak batu karang di sekitar perairan Pulau Kenipan, Tanjungbalai Karimun, Minggu (28/7/2019) sekitar pukul 12.30 WIB.

Data diperoleh, kapal milik H Amirullah ini berangkat dari Buton, Riau sekitar pukul 09.00 WIB menuju Tanjung Riau, Batam.

Di sekitar perairan Pulau Kenipan, Tanjungbalai Karimun, tiba-tiba datang ombak besar, menyebabkan kapal dinakhodai Abdul Jamil (39) ini hilang kendali sehingga menabrak batu karang.

Benturan mengakibatkan kebocoran di bagian buritan kapal. Lima awak kapal mencoba membuang air yang masuk dengan menggunakan pompa dan menimba. Derasnya air yang masuk disebabkan cukup besarnya bagian kapal yang pecah menyebabkan upaya menghalau air yang masuk sia-sia.

Dalam waktu yang tidak lama air memenuhi bagian kapal dan akhirnya menenggelamkannya. Muatan kapal berupa sayuran yang dikemas dalam kotak berserakan di laut.

Melihat kondisi itu, nakhoda kapal dan awaknya segera memanggil nelayan yang melintas dan meminta bantuan.

Sekitar 10 menit kemudian kapal bantuan datang dari masyarakat Pulau Kenipaan. Seluruh awak berhasil dievakuasi, dan kapal yang tenggelam di tarik ke bibir Pantai Pulau Kenipaan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua