Biar Tidak Gagal Panen, BMKG Tanjungpinang Berikan Pemahaman Iklim Kepada Petani Bintan
27 Juli 2019
Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam menyematkan tanda peserta Sekolah Lapangan Iklim (SLI) diadakan BMKG Tanjungpinang, Kamis (25/7/2019). Kegiatan dimaksudkan agar petani dapat memahami siklus iklm dan menghindari gagal panen. (Foto: IST/Humas Pemkab Bintan)
INILAHKEPRI, BINTAN - Badan Meteologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang menggelar Sekolah Lapangan Iklim (SLI) bagi para kelompok tani yang ada di Kabupaten Bintan. Sekolah ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai perubahan iklim dan potensi dampak terhadap sektor pertanian.

Kepala Kantor BMKG Tanjungpinang Dira Utama mengatakan, kegiatan dilaksanakan bertujuan agar petani dapat terhindar dari dampak negatif iklim berupa gagal panen atau penurunan produktivitas petani.

SLI nagi petani Bintan ini dilaksanakan di Aula The Bintan Villa, Kecamatan Teluk Bintan, Kamis (25/7/2019) lalu.

Dira Utama mejelaskan, produktivitas pertanian tidak lepas dari masalah iklim yang hanya bisa diketahui, dianalisis dan diantisipasi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Wakil Bupati Bintan Drs Dalmasri Syam  menyambut baik penyelenggaraan sekolah Lapangan Iklim (SLI) ini. Dia bahkan berharap BMKG melaksanakan kegiatan ini secara rutin agar pengetahuan petani dalam mengenali siklus iklim semakin matang. 

"Dengan demikian, akan ada revolusi di tingkat petani dengan bertambahnya pengetahuan mereka tentang iklim," pungkasnya.(Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua