Jelang Idul Adha, 25 Penyembelih Hewan di Tanjungpinang Ikuti Bimtek Penyembelihan Hewan Secara Syariat
24 Juli 2019
Bimbingan teknis penyelbelihan hewan kurban secara syariat dilaksanakan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang, Selasa (23/7/2019). (Foto: IST)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sebanyak 25 utusan dari empat kecamatan di Tanjungpinang diberikan pelatihan tentang penyemblihan hewan kurban. PElatihan dilaksanakan dalam rangka persiapan Idul Adha 2019.

Bimbingan teknis penyemblihan hewan kurban ini diselenggarakan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang, dilaksanakan selama 3 hari mulai Selasa (23/7/2019).

Kepala Kantor DP3 Kota Tanjungpinang,  Ahadi menjelaskan, Bimtek dilaksanakan agar penyemblihan hewan kurban nantinya dilaksanakan sesuai syariat sehingga hewan yang disembelih halal ketika dikonsumsi.

Dalam bimtek ini DP3 menghadirkan narasumber dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan dari Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Bogor.

"Ini supaya 25 utusan dari empat kecamatan yang ada di Tanjungpinang ini bisa memiliki kompetensi penyembelih hewan yang sehat dan halal. Ini yang paling utama," jelas Ahadi. 

Dalam bimtek ini, peserta diberi pengetahuan cara memotong hewan yang baik, hewan tidak mengalami penyiksaan, dan mengetahui bagaimana cara memilah daging.

Peserta tidak hanya diberikan pemahaman secara teori, tetapi juga akan ada praktik mulai dari menimbang hewan, penyembelihan, pemotongan daging, serta tata cara memilah dan membersihkan daging dengan benar.

"Misalnya bagian tubuh hewan jangan sampai ada yang tercemar, jangan sampai ada bau busuk pada daging, amis dan lainnya," ujar Ahadi lagi.

Ia menjelaskan, 25 peserta ini merupakan utusan dari masing-masing kelurahan berdasar kriteria. Salah satunya adalah sudah dipercaya melakukan penyemblihan.

"Walaupun sudah terbiasa, namun mereka belum memiliki kompetensi," tutup Ahadi. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua