Sembilan Rumah Tertimpa Pohon Tua Yang Terbakar
21 Juli 2019
Petugas Satpol PP dan Penanggulangan Kebakaran Tanjungpinang berupaya menyingkirkan dahan pohon ara yang menimpa rumah milik warga di Tanjungunggat, Tanjungpinang, Minggu (21/7/2019). Sebanyak 9 rumah mengalami kerusakan akibat insiden ini. (Foto: Istimewa)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Apa jadinya jika pohon berusia ratusan tahun yang tumbuh di sekitar pemukiman warga tumbang?

Di Jalan Sultan Machmud, Tanjungunggat, Tanjungpinang, Minggu (21/7/2019) sekitar pukul 11.00 WIB, sebuah pohon ara yang berusia ratusan tahun tumbang dan menimpa 9 rumah warga yang berada di sekitar pohon.

Salah satu rumah yang mengalami rusak parah akibat insiden ini adalah Marzuki Syukur (59).

"Hancur," katanya.

Saat kejadian, dia sedang tidak ada di rumah.

"Saya langsung pulang begitu tau kejadian itu," kata Marzuki yang rumahnya persis berada di bawa pohon tua itu. Dia berharap pemerintah bisa membantu.

Diketahui, pohon tua ini roboh akibat terbakar. Ada titik api dari tumpukan sampah yang kemudian menjalar ke batang pohon yang memiliki cabang dan berdaun rimbun.

Kepala Satpol PP dan Penanggulangan Kebakaran Tanjungpinang, Hantoni menjelaskan, terbakarnya pohon itu sebetulnya telah berlangsung pada pagu hari. Pukul 06.00 WIB pagi, pihaknya  menurunkan enam unit mobil pemadam kebakaran.

Di lokasi pihaknya telah berusaha memadamkan api yang menjalar hingga ke pohon.

"Petugas kami memanjat pohon untuk memadamkan api. Tapi api makin membesar," pungkasnya.

Mendekati pukul 11.00, api mulai mematahkan dahan yang kemudian menimpa rumah warga. Ternyata, api juga telah memakan bagian dalam pohon.

Petugas segera mengevakuasi warga sekitar. 

"Supaya tidak ada korban jiwa," ujar Hantoni.

Sebagian warga di 9 rumah yang tertimpa dahan kemduian dievakuasi ke tenda-tenda darurat yang didirikan tak jauh dari lokasi.(Andri) 




Berita Terkait
Lihat Semua