Jamin Mutu Pangan di Sekolah, BPOM Gelar Bimtek PJAS
18 Juli 2019
Kepala BPOM Batam, Yosep Dwi Irwan Perkasa. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sebanyak 53 Kepala Sekolah di Tanjungpinang mengikuti bimbingan teknis Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) digelar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Hotel CK, Kamis (18/7/2019).

Selain kepala sekolah, Bimtek juga dihadiri Guru UKS dan pengelola kantin sekolah.

Kepala BPOM Batam, Yosep Dwi Irwan Perkasa menjelaskan, Bimtek ini bermuara kepada pembentukan komunitas PJAS. Dalam Bimtek ini kepala sekolah, Guru UKS, dan pengelola kantin sekolah diberikan pemahaman terkait mutu jenis pangan yang aman dan bergizi.

"Diharapkan nantinya komunitas PJAS yang terbentuk bisa mandiri kemudian meneruskannya lagi kepada guru di sekolah, murid, termasuk juga pedagang di luar sekolah untuk kemudian membuat kebijakan," terang Yosep.

Terkait pelaksanaan PJAS, Yosep menerangkan ada lima tahap yang dilaksanakan.

Tahap pertama yakni berupa advokasi lintas sektor.  Kementrian agama, Dinas Pendidikan, KPPAD dan pihak terkait lainya dia sebut harus memiliki komitmen yang sama terkait arti penting pangan yang aman, bermutu dan bergizi.

Lalu dilaksanakan Bimtek melibatkan kepala sekolah, Guru UKS dan pengelola kantin sekolah. Langkah selanjutnya adalah operasional mobil keliling yang akan mengintervensi sekolah dan kemudian melakukan pengawaaln di tiap-tiap sekolah yang diintervensi.


"Ada 206 sekolah di Tanjungpinang yang akan diintervensi," ujarnya.

Selain itu, BPOM juga akan memberikan pelatihan dan audit terkait pemberian Piagam Bintang Keamanan Pangan Sekolah. Menurutnya, Piagam Bitang ini diberikan kepada kantin sekolah yang telah memenuhi persyaratan mutu dan keamanan pangan.

"Dan terakhir adalah penyerahan media edukiasi untuk menigkatkan pemahaman mutu dan keamanan," jelas Yosep. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua