Dinas PMD Bintan Usulkan 5 Karya Inovasi TTG Dibahas di RKP Desa
18 Juli 2019
Kepala Dinas Pemberdayaan Bintan, Ronny Kartika. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, BINTAN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan mengusulkan lima karya inovasi teknologi tepat guna (TTG) yang diikutkan pada lomba tingkat Provinsi belum lama ini dimasukkan dalam pembahasan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2020.

Kelima karya inovasi tersebut yakni Pompa Hidram, Gerobak Galon Ajaib, Metode Daur Ulang Sampah Organik, Mesin Packaging dan Mesin Iris.

Kepala Dinas PMD Bintan, Ronny Kartika menyampaikan, pembahasan RKP  oleh seluruh desa yang ada di Bintan akan dilaksanakan pada Agustus 2018 ini. 

"Harapan kita seluruh karya inovasi itu dijadikan sebagai prioritas untuk ditawarkan ke dalam bursa inovasi desa," ujar Ronny, Kamis (18/7/2019).

Dijelaskannya, kelima produk inovasi TTG yang diharapkan dijadikan prioritas untuk dibahas dalam RKP itu diluar dari yang diajukan tiap-tiap desa. 

"Terpulang dari apa yang diajukan tiap-tiap desa, kelima produk inovasi TTG ini nantinya dapat dijadikan prioritas supaya bisa masuk dalam penganggaran untuk bisa direplikasi," ujar Ronny. 

Nantinya, inovasi TTG yang dijadikan prioritas akan digodok oleh Tim Inovasi Kabupaten. 

"Supaya bisa direplikasi dan dapat dimanfaatkan," tegas Ronny lagi. 

Pompa hidram misalnya. Salah satu produk inovasi TTG yang diikutsertakan pada ajang Lomba Karya TTG tingkat Provinsi 9 Juni lalu dikatakan Ronny dapat dimanfaatkan untuk perkebunan yang banyak terdapat di Kabupaten Bintan.

"Pompa ini tidak memerlukan listrik sehingga dapat digunakan dimana saja, termasuk pengairan perkebunan. Demikian pula produk inovasi lainnya," tambah Ronny.

Salah satu produk inovasi karya anak Bintan yang telah direplikasi adalah Rumah Kawin Ketam yang menjadi juara I Lomba TTG Provinsi Kepri tahun 2018 lalu.

"Rumah Kawin Ketan sudah direvlikasi di Desa Pengujan daa Mantan Baru. Sudah panen," tutupnya. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua