Nurdin Diterbangkan Ke Jakarta Tanpa Rompi Oranye
11 Juli 2019
Gubernur Kepri Nurdin Basirun (tengah) saat berjalan menuju pesawat yang akan mebawanya ke Jakarta di Bandara RHF Tanjungpinang, Kamis (11/7/2019). (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Kamis (11/7/2019), dibawa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Jakarta. Tanpa rompi. Nurdin mengenakan kemeja biru tua saat berjalan didampingi penyidik lembaga anti rasuah di Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang.

Nurdin terlihat berjalan menuju pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 0621 sekitar pukul 10.45 WIB. Dia didampingi sejumlah penyidik KPK, petugas bandara dan Personel TNI AU yang bertugas di Bandara RHF.

Dari manifest yang diperoleh, Nurdin diberangkatkan ke Jakarta empat orang lainnya. Mereka yakni Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Edi Sofyan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) 
Abu Bakar, seorang staf di DKP Aulia Rahman, Budi Hartono, dan Muhammad Shalihin (diketahui sopir Edi Sofyan). 

Budi Hartono yang masuk dalam daftar keberangkatan terkait dugaan operasi tangkap tangan yang melibatkan Nurdin Basirun (hingga saat ini masih berstatus terperiksa) disebut sebagai pengusaha yang terlibat dalam upaya suap izin reklamasi.

Sedangkan Andreas Budi Sampurno yang juga masuk dalam daftar penumpang adalah penyidik KPK. 

Saat menuju pesawat, raut nurdin terlihat kusam. Ia sempat menoleh saat sejumlah wartawan memanggilnya. Sebelumnya, wartawan tidak bisa menemui Nurdin karena sempat terkecoh.

Rombongan mobil membawa Nurdin serta sejumlah terperiksa lainnya sempat menuju ke Terminal Umum Bandara RHF. Ternyata, mobil Inova hitam yang membawa Nurdin meluncur belakangan masuk ke Terminal VIP milik Pemprov Kepri yang berada di sebelah terminal.

Sebagaimana diketahui, Nurdin bersama lima orang lainnya mulai menjalani pemeriksaan intensif sejak pukul 18.30, Rabu (10/7), terkait dugaan suap izin reklamasi.(Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua